Menggagas Pendidikan Inklusi di PAUD melalui Pemahaman dan Kesiapan Mahasiswa

Fidiyah Sari, Dewi Salistina, Na’imah Na’imah

Abstract


Kesadaran masyarakat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus terus meningkat, mendorong hadirnya sekolah inklusi sebagai bentuk kesetaraan dan realisasi pendidikan tanpa diskriminasi. Sekolah inklusi memungkinkan anak berkebutuhan khusus belajar bersama teman sebayanya di kelas reguler. Pendidikan inklusi adalah layanan pendidikan yang menjamin kesetaraan hak bagi semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya pendidikan inklusi dalam mempersiapkan mahasiswa PIAUD UIN Jakarta menghadapi tantangan mengajar di lingkungan yang inklusif. Metode penelitian menggunakan kajian literatur yang relevan dengan konteks pendidikan inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusi perlu menjadi bagian integral dalam kurikulum, mengingat banyak mahasiswa belum memiliki pemahaman yang cukup terkait identifikasi dan penanganan kebutuhan khusus pada anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Alimin, Zainal, dkk. (2013). Layanan Pendidikan Inklusi (Pegangan Bagi Pelatih). Jawa Barat : Save the Children dan IKEA.

Astuti, D., & Sari, R. (2018). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru terhadap Konsep Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus Indonesia, 14(1), 30-42.

Creswell, J. W. (1998). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.

Delphie, Bandi. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi, Bandung: PT. Refika Aditama.

Educational Leadership. 52. 4

Fitriyani, S., & Fauziah, F. (2020). Tantangan Guru PAUD dalam Mengelola Kelas Inklusi di Era Modern. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Inklusi, 5(2), 143-152.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Nuraini, I., & Kurniawati, H. (2019). Persepsi Guru terhadap Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(3), 123-134.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa

Puspita, R., & Sugito. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Inklusif untuk Anak Usia Dini di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 12-25.

Rahmawati, N., & Prasetyo, T. (2021). Peran Guru dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(3), 45-57.

Santoso, B., & Yuliani, A. (2018). Pembelajaran Inklusif pada Anak Usia Dini: Kajian Konsep dan Praktik. Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 72-84.

Staub, D. & Peck, C.A. (1994/1995). What are the Outcomes for Nondisabled Student?.

Susanti, A., & Wijayanti, R. (2020). Implementasi Kurikulum Inklusif di PAUD: Studi Kasus pada Lembaga Pendidikan di Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 10(2), 88-97.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Weiner, Howard M. (2003). “Effective Inclusion (Professional Development in Context of the Classroom)”. Teaching Exceptional Children Journal, 36, 12-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v13i1.4185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.