Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Mencari Pasangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Gunungsitoli Idanoi

Mawaddah Bugis, Seah Siok Peh

Abstract


Taman Kanak-kanak pada hakikatnya merupakan wadah bagi pengembangan seluruh aspek perkembangan anak. Salah satunya adalah aspek perkembangan sosial. Kemampuan sosial anak merupakan aspek perkembangan yang sangat penting karena sebagai suatu pondasi bagi perkembangan anak untuk berinteraksi dengan lingkungannya secara lebih luas. Untuk itu anak perlu diberikan rangsangan, dorongan dan dukungan berupa program kegiatan yang terencana, bermanfaat dan menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi di TK ABA III Tetehosi I Gunungsitoli Idanoi dari 14 siswa masih ada 5 orang anak yang belum berani berteman atau bersosial kepada teman-temannya sehingga anak tersebut cenderung diam di kelas. Dan 9 anak yang sudah mampu mamiliki sikap bersahabat atau mudah bergaul dengan teman sebayanya. Hal ini membuktikan bahwa di TK ABA III Tetehosi I Gunungsitoli Idanoi, aspek social anak masih belum sepenuhnya meningkat dalam rentang anak usia 4-5 tahun.

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI, 2011, Al-qur’an dan Terjemahan, (Jakarta: Bintang Indonesia)

Djoko dan Anies, 2017, Kompendium PAUD, (Depok: Prenadamedia Group).

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, hal: 16.

Khadijah, 2016 Pendidikan Prasekolah, (Medan : Perdana Publishing)

Khadijah, 2016, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, (Medan : Perdana Publishing)

Khadijah, 2017 Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Medan : Perdana Publishing).

Kunandar, 2018, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers, h.45

Masganti, 2017 Psikologi Perkembangan Usia Anak Usia Dini, (Prenada Media)

Muhammad Fadillah, 2012, Desain Pembelajaran PAUD, (Depok : Ar-Ruzz Media)

Mursid, 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD (PT Remaja Rosdakarya)

Musfiroh, 2008 Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Punaja Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. (Jakarta : Kencana, 2010)

Rita Dewi, 2012 Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Mencari Pasangan Pada Anak Jurnal Pendidikan

Slamet Suyanto, 2005, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta : Hikayat Publishing)

Suharsimi Ari Kuntoro, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). (Jakarta : PT, Rineka Cipta, 2002)

Suharsimi Arikunto, 2017, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara, h. 3

Umayah. (2017). Perkembangan Sosial pada Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Hasanuddin Banten , Vol. 2 No. 1.

Zubaedi, 2011, Pendidikan Karakter : Konsep dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta : Kencana)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.4016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.