Efektivitas Guru Pendamping Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan, Kabupaten Aceh Singkil

Intan Triana, Khadijah Khadijah, Sri Wahyuni, Mohammed Azanee Saad

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu,untuk mengetahui bagaimana program guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan, untuk mengetahui bagaiman program efektivitas guru pendamping dalam proses pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal, desa Tula’an sebelum adanya guru pendamping, untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan guru pendamping, guru inti, dan kepala sekolah. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam 3 aspek yaitu: Program guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan sudah baik dalam membantu rencana pembelajaran (RPP) dan membantu dalam membuat ide-ide pembelajaran, Program efektivitas guru pendamping dalam proses pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Atfal Tulaan sudah efektif dan baik. Dan proses pembelajaran di TK Aisyiah Bustanul Athfal Tulaan sudah sangat baik, guru pendamping membantu anak dalam banyak hal, seperti konsentrasi anak, partisipasi dalam kelas, sosialisasi, bersopansantun dan mengendalikan perilaku anak.

Full Text:

PDF

References


Bernawati Marpaung, Dkk, (2019) Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran Taman Kanak-kanak Al-Ulum Kecamatan Tampan Pekanbaru, Jurnal Pendidikan, X (1)

Bistari Basuni Yusuf, (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif, Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1 (2)

Christian F. Guswai, (2007) How to Operate your store efectively yet eficiently, Jakarta : Gramedia

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ditha Prasanti, (2018). “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan”, Jurnal Lontar, 6 (1)

Diyah. (2004). Mempersiapkan Dan Membantu Anak Autis Mengikuti Pendidikan Di Sekolah Umum. Jakarta: Yayasan Autisma Indonesia MANDIGA Husein Umar, (2000). Business An Introduction, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Joko Yuwono. (2007). Pendidikan Inklusif. Bahan Ajar: Atmajaya

Khadijah, Dkk, (2020). Perkembangan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing

Khadijah, (2017). Pendidikan Prasekolah, Medan: Perdana Publishing

Khadijah, (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di RA Amanah Amaliyah, Jurnal Raudah, 9 (1)

Maesaroh, Siti, (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, (Jurnal Kependidikan. 1 (1)

Maknun, Djohar (2013). Lingkungan Pembelajaran Sains Yang Sehat, Aman, Nyaman Dan Kondusif, Jurnal Scientiae Educatia 2 (1)

Marno, (2009). Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Mimpira Haryono, Dkk, (2020). Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Pembelajaran PAUD Di Gugus Mawar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Jurnal Pendidikan. XI (2)

Muhammad Anwar, (2018).Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Prenadamedia Group,

Muhammad Hanafi, (2017). Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter, 5 (2)

Mulyasa, (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya Nuning Indah Pratiwi, (2017) “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi”, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1 (2)

Ns Roymond H. Simamora. (2008). Buku Ajar Pendidikan Dalam Keperawatan, Jakarta, Buku Kedokteran EGC

Nurliana, Evektivitas Peran Guru Pendamping Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Tk Harun Al-Rasyid Kota Kendari

Pemerintah Republik Indonesia, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: BSNP

Sandyawan Sunardi, (2008). Melawan Stigma Melalui Pendidikan Alternatif, Jakarta: Grasindo

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta Tim Penyusun Kamus, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Tony Attwood, (2005). Sindrom Asperger, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta

Wiyatul Fitriani, (2013). “Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Bordir Pada Siswa Tata Busana Kelas XI Di SMK Negeri 1 Kendal”, Fashion and Fashion Education Journal 2(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.4014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.