Kelayakan Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Terapan Nilai Islam

Raisah Armayanti Nasution, Nurul Amelia

Abstract


Buku ajar sebagai sumber belajar yang  membantu dalam menyampaikan materi secara sistematis, sehingga mahasiswa  dapat lebih mudah memahami konsep diajarkan. Namun masih kurangnya ketersediaan buku ajar terutama dalam perencaan pembelajaran anak usia dini yang berbasis terapan nilai islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1.Untuk mengembangkan buku ajar perencanaan pembelajaran anak usia dini berbasis terapan  nilai islam; 2. Untuk menguji kelayakan buku ajar perencanaan pembelajaran berbasis terapan nilai islam. Adapaun metode pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode Eddie. Sampel penelitian adalah mahasiswa prodi PIAUD UIN Sumatera Utara. Teknik pengumpupulan data observasi dan  angket. Teknik analisi data yaitu uji kelayakan produk. Adapun hasil penelitian yaitu 1.          Penelitian ini menghasilkan produk buku ajar pada  mata kuliah perencanaan pembelajaran anak usia dini berbasis terapan nilai Islam; 2. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk buku ajar dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan ahli bahasa  maka diperoleh dari validator ahli materi PAUD dengan hasil persentase sebesar 90,62% yaitu kriteria sangat layak dan sedangkan hasil penilaian validator ahli media bahan ajar PAUD memperoleh persentase sebesar  90,38 % yaitu kriteria sangat layak.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). KESESUAIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Pesona Dasar, 6(2). https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Anik Lestariningrum. (2020). PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Adjie Media Nusantara.

Mardiana, M., Isa, Y., & Ningsih, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif pada Mata Kuliah Filsafat Pendidikan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 138–148. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p138

Marlina, L. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679

Oktamarina, L., Fauzi, M., Fitri, I., & Syanurdin, S. (2023). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 130–142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3616

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, 1(1), 68.

Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–16. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2928

Suparya, I. K., Wiradnyana, I. G. A., Arya Pramana, K. A. B., Windayani, N. L. I., & Risna Dewi, N. W. (2022). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Bermuatan Nilai Karakter Tri Kaya Parisudha Dengan Strategi Think Talk Write. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 152–165. https://doi.org/10.37329/jpah.v0i0.1625

Zainuddin, Z. (2019). Pengembangan Buku Ajar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 362–375. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.141




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.3937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.