Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Pada Anak 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Qur’an Training Centre Al- Mady Yogyakarta)

Wuri Annisa Nurfadlilah, Lailatu Rohmah, Erni Munastiwi

Abstract


Negara Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam ternyata memiliki kasus cukup tinggi dalam ketidak mampuan membaca Al-Qur’an dengan baik. Sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya anak dipersiapkan untuk belajar Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, disamping itu sekolah sebaiknya memberikan fasilitas memenuhi dan memadai bagi anak dalam proses belajar Al-Qur’an. Tujuan penelitian untuk mengkaji penerapan metode Ummi dalam membentuk generasi Qur’ani anak usia 5-6 tahun di Qur’an Training Centre Al-Mady Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan field study. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi dalam membentuk generasi Qur’ani secara sistematis yang dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu persiapan, penerapan dan evaluasi. Metode Ummi di Qur’an Training Centre Al-Mady Yogyakarta sangat efektif, sistematis dan direkomendasikan.

 


Full Text:

PDF

References


Abdussamad Zuchri. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif. Osf.Io. Https://Osf.Io/Preprints/Juwxn

Anwar, F. S., & Munastiwi, E. (2021). Implementasi Program Tahfidz Di Mts Al-Muhsin Ii Dalam Menumbuhkan Minat Tilawatil Quran. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 25–36. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V6i1.9356

Astrini, R. P. (2023). Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Kegiatan Wajib Pesan Mama Di Smp Islam Darul Muwahhidin Maesan Bondowoso. Diss. Uin Kiai Haji Acmad Siddiq. Digital Library Uinkhas Jember. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/26391/

Astuti, M., & Sari, V. R. (2020). Membangun “Kereta” (Kedisiplinan, Religius, Tanggung Jawab) Dengan Iqro’ Pagi Study Kasus Tk Nur As-Salam Kelas B Madiun. Jurnal Care :Children Advisory Research And Education. Https://Doi.Org/10.25273/Jcare.V7i1

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistk Indonesia 2018. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Publication/2018/07/03/5a963c1ea9b0fed6497d0845/Statistik-Indonesia-2018.Html.

Harrison, R. L., Reilly, T. M., & Creswell, J. W. (2020). Methodological Rigor In Mixed Methods: An Application In Management Studies. Journal Of Mixed Methods Research, 14(4), 473–495. Https://Doi.Org/10.1177/1558689819900585

Hernawan, D. (2019). Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27–35. Https://Doi.Org/10.23917/Profetika.V19i1.7751

Maharani. (2019). Peningkatan Mutu Lembaga Melalui Optimalisasi Managemen Tenaga Pendidik Dan Pendidikan (Studi Kasus Kb Az Zahra, Berbah, Sleman). Jurnal Care : Children Advisory Research And Education. Http://Doi.Org/10.25273/Jcare.V7i1

Mahendra, Y. D. (2022). Manajemen Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi (Studi Analisis Di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan Ponorogo). Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo. Https://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/20168/1/206180125-Yusril%20dwi%20m.-Mpi.Pdf

Marlangen, A. R., Astutik, A. P., & Fahyuni, E. F. (2023). Strategi Sekolah Dalam Mencetak Generasi Qur’ani. Jurnal Pai Raden Fatah, 5(2). Https://Doi.Org/10.19109/Qd47ks95

Mujahid, I. (2021). Islamic Orthodoxy-Based Character Education: Creating Moderate Muslim In A Modern Pesantren In Indonesia. Indonesian Journal Of Islam And Muslim Societies, 11(2), 185–212. Https://Doi.Org/10.18326/Ijims.V11i2.185-212

Nadjmatul. (2022). Hasil Riset: Angka Buta Aksara Al-Qur’an Di Indonesia Tinggi, Sebegini. Https://Iiq.Ac.Id/Berita/Hasil-Riset-Angka-Buta-Aksara-Al-Quran-Di-Indonesia-Tinggi-Sebegini/.

Nilamsari Kusumawati Putri, Ade Rohbiyah, Memen, Munawaroh, & Siti Nurhayati. (2023). Penerapan Metode Ummi Tkit Sabilul Huda Karyamulya Kec. Kesambi Kota Cirebon. Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 1–8. Https://Doi.Org/10.59784/Generasi.V1i2.

Nobisa, J. (2021). The Use Of Ummi Methods In Learning The Qur’an. Al Fikrah : Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, Volume 4 Nomor 1, 44–70. Https://Ejournal.Alhamidiyah.Ac.Id/Index.Php/Al-Fikrah

Rohmah, L. (2016). Studi Atas Metode Penafsiran Nasr Hamid Abu Zaid. Jurnal Al-Hikmah, 12(2). Http://Dx.Doi.Org/10.47466/Hikmah.V12i2.47

Tutik Sumiati. (2024). Tutik Sumiati, T. S. (2024). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi Di Sdit Izzatul Islam Getasan Tahun Ajaran 2023/2024 (Doctoral Dissertation, Upt. Perpustakaan Undaris). (Doctoral Dissertation, Upt. Perpustakaan Undaris). Http://Repository.Undaris.Ac.Id/Id/Eprint/1630

Umi Hasunah & Alik Roichatul Jannah. (2017). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Alquran Pada Santri Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam. Https://Mail.Journal.Unipdu.Ac.Id/Index.Php/Jpi/Article/View/1026

Ummi Foundation. (T.T.). Penjamin Mutu Pembelajaran Al-Qur’an. Https://Ummifoundation.Org/

Windi Astuti & Sri Watini. (2021). Implementasi Pendidikan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Muroja’ah. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V5i02.7711

Zainul Arifin. (2023). Implementasi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fikih Di Ma As-Sunniyyah Al-Jauhari Kencong Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Diss. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/Id/Eprint/18650




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.3842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.