Mengembangkan Kecerdasan Musikal Pada Anak Melalui Alat Musik Kerincingan

Novi Ardila, Maulidita Shalsa, Ririn Putri Ali, Masganti Sit, Romarzila binti Omar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi betapa pentingnya pendidikan music pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan menggunakan studi pustaka dan observasi di TK Kota Medan. Berdasarkan analis penelitian, peneliti menemukan bahwasannya pembelajaran seni musik penting untuk anak usia dini dan membawa pegaruh bagi anak dalam proses perkembangannya. Pembelajaran musik memberikan dampak positif untuk anak dan dapat membentuk karakter anak.

Full Text:

PDF

References


Aulia, A., Diana, & Setiawan, D. (2022). Pentingnya Pembelajaran Musik Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 162. Https://Doi.Org/10.29408/Goldenage.V6i01.4693

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Dr. Khadijah, M.Ag., N. A. M. P. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik (Suwito (Ed.); 1st Ed.). Kencana.

Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2021). Peran Pembelajaran Musik Melalui Project Based Learning Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 704–718. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1559

Nurhenti Dorlina Simatupang, & Rosalianisa, R. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kereta Musik Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jeced : Journal Of Early Childhood Education And Development, 3(2), 107–120. Https://Doi.Org/10.15642/Jeced.V3i2.1404

Oktaviyoza, S., & Yeni, l. (2022). Efektivitas Rebana Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15866–15874. Https://Www.Jptam.Org/lndex.Php/Jptam/Article/View/4887

Purba, M., & Ance Juliet. (2021). Pembelajaran Bermain Piano Untuk Anak Usia 6-12 Tahun Dengan Metode Learning And Play Di Lembaga Sketsa Musik Tanjung Morawa. Visi Sosial Humaniora, 2(1), 127–138. Https://Doi.Org/10.51622/Vsh.V2i1.601

Putri, N. D. (2019). lmplementasi Sistem lnformasi Sumber Daya Manusia Dalam Kegiatan Rekruitmen Karyawan. 1. Https://Doi.Org/10.31933/Jemsi

Sit, M., & lndonesia, M. (2021). Pl (lssue August).

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Yusmiati, Y., Surbakti, A., & Masganti, M. (2022). Efektivitas Permainan Puzzle Dan Balok Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Paud Mbah Ceria Medan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 4(3), 1527–1538. Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V4i3.905




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.3608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.