Analisis Layanan Bimbingan dan Konseling pada Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK B PAUD Islam Makarima Kartasura

Atiqa Indah Cahyaningtyas, Deva Luvita Sari, Adinda Dwi Nurcahyanti, Devinda Febria Kusuma, Tiurma Juliana

Abstract


Perkembangan sosial dan emosional merupakan proses seumur hidup yang tidak dapat terpisahkan satu sama lain dan berjalan seiring dengan aspek perkembangan lain. Permasalahan mengenai sosial-emosional pada anak usia dini yang sering dijumpai diantaranya adalah sulit mengendalikan emosi, tantrum, kesulitan dalam bersosialisasi baik dengan teman sebaya maupun orang dewasa, dan bahkan menunjukkan perilaku agresif seperti memukul saat marah. Dengan demikian,layanan bimbingan dan konseling di sekolah harus disediakan sebagai upaya membantu anak dalam mengatasi masalah. Tujuannya untuk untuk menganalisis pelaksanaan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini di PAUD Islam Makarima Kartasura, dengan fokus pada siswa kelas TK B2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan triangulasi untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan Kegiatan bimbingan konseling yang dilakukan secara terstruktur dan kolaboratif mendukung perkembangan sosial dan emosional anak dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Afrilia Hasibuan, I., Hasyim, M. A., Widayanti, R., Nasution, F., & Islam Negeri Sumatera Utara Abstract, U. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Usia Dini Di Tk Al-Fikri School. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 378–386. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8310350.

Astutik, C. (2018). Penerapan Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 2 No. 2 Juli-Desember 2018. (Http://Alpen.Web.Id, 20 Maret 2020)

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. Https://Doi.Org/10.29408/Jga.V4i01.2018.

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. Https://Doi.Org/10.26751/Jikk.V10i1.645.

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau Dari Kemampuan Sosial Emosional. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. Https://Doi.Org/10.33367/Tribakti.V29i2.624.

Kholifah, F. S., & Alwiyah, N. (2022). Implementasi Bimbingan Konseling Pada Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TKIT Insan Kamil Karanganyar Tahun Ajaran 2020/2021. ABNA: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–54.

Mahsup, Ibrahim, Muhardini, S., Nurjannah, & Eka Fitriani. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mmahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan, 6(3), 609–6616. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i3.2673.

Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2019. Tersedia Dalam Books.Google.Co.Id.

Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di Sman 1 Pasaman. Journal Of Sociology Research And Education, 6(1), 951–952. Https://Doi.Org/10.24036/Scs.V6i1.127.

Nurmiati, N. And Mantasiah, R., 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Ssebaya (Peerteaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua:Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1).

Prapat, A. (2020). BIMBINGAN KONSELING UNTUK ANAK USIA DINI: Upaya Menumbuhkan Perilaku Prososial. Jakarta Barat: Edu Plubiser.

Puluhulawa, M., Hulukati, M. R., & Wantu, T. (2023). Analisis Awal Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Damhil. Jambura Guidance And Counseling Journal, 4(November), 95–102. Https://Ejournal-Fip-Ung.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Jgcj/Article/View/2888/774.

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2019). Development Of An Integrated Guidance Counseling Model For Early Childhood Education Learning Programs. AIP Conference Proceedings, 2194. Https://Doi.Org/10.1063/1.5139834.

Sudrajat, Akhmat. (2011). Kurikulum Dan Pembelajaran Paradikma Baru.Yogyakarta: Pramita Syafi’i & Solichah. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88. Http://E- Journal.Hamzanwadi.Ac.Id/Index.Php/Jga/Article/View/3108.

Syukur, Y., Neviyarni., & Triave, N. Z. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Malang: IRDH Book Publisher, 2019. Tersedia Dalam Books.Google.Co.Id.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i2.3582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.