Tradisi Bepapai Pada Suku Banjar: Upaya Pelestariannya
Abstract
"Bepapai" berarti mandi. Secara terminologi, sesuai dengan arti umumnya, ini adalah ritual yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dan jiwa. Anak-anak usia dini saat ini mengalami kurangnya pemahaman tentang budaya dan tradisi adat istiadat setempat. Hal ini disebabkan oleh dominasi aktivitas digital, dimana anak-anak cenderung terpaku pada penggunaan gawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pelestarian tradisi Bepapai pada anak Suku Banjar di Desa Sungai Ular, Secanggang Kec. Sungai Ular, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Peneliti memperoleh data penelitian dari lapangan melalui wawancara dan observasi untuk menjelaskan upaya pelestarian tradisi Bepapai.
Full Text:
PDFReferences
Briliany, N., Istighna, L. N., Rahmawati, I., & Maranatha, J. R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Memperkenalkan Budaya Lokal Bali Kepada Anak Usia Dini Di Era Modern. Research in Early Childhood Education and Parenting, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/recep.v4i1.57408
Direktorat PAUD Kemdikbud. (2020). Bermain Seni Kriya. Jakarta.
Djamila, L. (2016). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. Jurnal Fikratuna, 8, 79–104.
Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada PAUD. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689
Nur, N., & Jailani, M. S. (2020). Tradisi Ritual Bepapai Suku Banjar: Mandi Tolak Bala Calon Pengantin Suku Banjar Kuala-Tungkal Provinsi Jambi, Indonesia. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(2), 287. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i2.3920
Nurmah, A., Hamid, H., & Jasman. (2020). Tradisi Adat Perkawinan Masyarakat Suku Banjar Ditinjau Dalam Perspektif Dakwah Islamiyah Di Desa Teluk Sialang Kecamatan Tungkal Ilir. At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(Desember), 86–102.
Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal Form of Culture, 5(1), 1–10.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yulida, y, & Veryawan, V. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Aank Melalui Kegiatan Teknik Kolase. Atfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 19–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.770
Briliany, N., Istighna, L. N., Rahmawati, I., & Maranatha, J. R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Memperkenalkan Budaya Lokal Bali Kepada Anak Usia Dini Di Era Modern. Research in Early Childhood Education and Parenting, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/recep.v4i1.57408
Direktorat PAUD Kemdikbud. (2020). Bermain Seni Kriya. Jakarta.
Djamila, L. (2016). Pola Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkar Kampus IAIN Ambon. Jurnal Fikratuna, 8, 79–104.
Nugraheni, T., & Pamungkas, J. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada PAUD. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.18689
Nur, N., & Jailani, M. S. (2020). Tradisi Ritual Bepapai Suku Banjar: Mandi Tolak Bala Calon Pengantin Suku Banjar Kuala-Tungkal Provinsi Jambi, Indonesia. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(2), 287. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i2.3920
Nurmah, A., Hamid, H., & Jasman. (2020). Tradisi Adat Perkawinan Masyarakat Suku Banjar Ditinjau Dalam Perspektif Dakwah Islamiyah Di Desa Teluk Sialang Kecamatan Tungkal Ilir. At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(Desember), 86–102.
Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal Form of Culture, 5(1), 1–10.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yulida, y, & Veryawan, V. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Aank Melalui Kegiatan Teknik Kolase. Atfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 19–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.770
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.