Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Balon Mengembang Tanpa Ditiup Pada Kelompok A1 Tk HOM PIM PA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi anak melalui metode eksperimen membuat balon mengembanga tanpa ditiup pada kelompok A1 di Tk HOM PIM PA. Jenis penelitian yang dipilih adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus pada kelompok A1 di Tk HOM PIM PA yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan konsentrasi anak melalui metode eksperimen membuat balon mengembang tanpa ditiupyang dilakukan tindakan siklus I didapat presentase rata-rata kemampuan konsentrasi anak sebesar 52,63% . Kemudian pada tindakan siklus II didapat presentase rata-rata kemampuan konsentrasi anak sebesar 84,21%. Hasil ini berdampak pada meningkatnya konsentrasi anak pada pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Kata kunci: konsentrsi anak; metode eksperimen; balon mengembang tanpa ditiup
Full Text:
PDFReferences
Anggreani, C. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 343–360. https://doi.org/10.21009/JPUD.092
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4675
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 65.
Novianti, R., Marega, D., & Wahyuni, D. (2022). Tebona: Permainan untuk melatih konsentrasi anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13292
Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3), 65. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p65-73
Pura, D. N., & Wulandari, A. (2020). Peningkatan Konsentrasi Anak Melalui Metode Eksperimen Membuat Lava Gunung Merapi. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 22–27. https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1073
Ramadhanti, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Mutiara Ciputat. 121. https://bit.ly/3lFUrue
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.