Pengembangan Buku Pedoman Ujian Komprehensif Bagi Mahasiswa Prodi PIAUD FITK UIN Sumatera Utara Medan

Fauziah Nasution, Nurlaili Nurlaili, Dea Putri Jelita

Abstract


Lulus dalam ujian komprehensif merupakan salah satu syarat untuk dapat mendaftar ujian munaqasyah bagi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam menghadapi ujian komprehensif dengan mengembangkan buku Pedoman Ujian Komprehensif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, development dan disseminate. Penelitian dilakukan untuk menguji tingkat kelayakan dan kepraktisan buku pedoman yang dikembangkan. Hasil uji kelayakan dilakukan dengan memberikan angket validasi pada dua orang ahli dan memperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan dilakukan dengan memberikan angket kepada para pengguna yaitu mahasiswa program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Berdasarkan hasil uji kepraktisan diperoleh rata-rata persentase nilai sebesar 86,13% dengan kategori sangat praktis. Diharapkan buku ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa agar lebih siap dan mampu menjawab pertanyaan dari para penguji saat pelaksanaan ujian komprehensif.


Full Text:

PDF

References


A, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–32. DOI. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Chandrawaty. (2020). Guru PAUD Hebat. Edu Publisher.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Ismawati, K. K., & Irvin Novita Arifin. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan berbicara pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(1). DOI. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.2037

Khadijah, Arlina, Welni, & Maisarah. (2022). Peran Orang Tua Menjadi Guru Pendamping Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi covid-19 di Desa Portibi Julu. Jurnal Raudhah, 1(1). DOI. 10.30829/raudhah.v10i1.1288

Lestariningrum, A. (2021). Inovasi Pembelajaran anak usia dini. Bayfa Cendekia Indonesia.

Masnipal. (2019). Siap menjadi guru dan pengelola PAUD proffesional (pijakan mahasiswa, guru, dan pengelola TK/RA/KB/TPA). . Elex Media Kompotindo.

Permendikbud. (n.d.). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

SOP Ujian Komprehensif Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Tahun 2016. (n.d.).

Suryana, D. (2016). pendidikan Anak Usia Dini (stimulasi dan aspek perkembangan anak). Kencana.

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.

Suteja, J. (2019). Etika Profesi Keguruan. 2019. Deepublish Publisher.

Waridah. (2022). Peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam proses belajar mengajar sekolahd asar dikabupaten melawi. Pendidikan Dasar, 1(2). DOI. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.941

Zahra, H. L., & Ardilla, N. (2023). Model Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Babarsari. Jurnal Raudhah, 11(2). DOI. . http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2803




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.