Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun

Azzahra Putri Permata, Tri Sayekti, Isti Rusdiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan penerapan metode bernyanyi kemampuan berbicara anak; 2) Mengetahui karakteristik anak dalam kemampuan berbicara melalui metode bernyanyi; 3) Mengetahui faktor apa saja yang dapat menghambat kemampuan berbicara anak ; 4) Mengetahui solusi dari hambatan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk metodenya menggunakan deskriptif karena penelitian ini menggambarkan atau mendeskripsikan kondisi dilapangan. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.

Setelah data didapatkan selanjutnya dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pelaksanaan penerapan metode bernyanyi sudah cukup baik dan sangat terarah oleh guru; 2) Karakteristik anak dalam metode bernyanyi sangat berkembang terlihat anak bisa mengikuti proses pembelajaran; 3) faktor penghambat yang dialami guru yaitu daya konsentrasi anak yang mudah teralihkan akan tetapi dapat di atasi seiring berjalannya waktu; 4) Solusinya guru harus lebih sabar dan telaten dalam menstimulasi perkembangan berbicara anak dalam metode bernyanyi.


Full Text:

PDF

References


Anak, P., & Taman, K. A. (2013). Keterampilan berbicara melalui metode bercerita pada anak kelompok a taman kanak-kanak se-gugus iii purwomartani kalasan sleman yogyakarta.

Hashilah, Y. (2019). Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Di Kelompok B Di TK Khazanah Kids School Kota Sepang Raya Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.

Istiarini, R. (2014). Peningkatan kemampuan berbicara melalui bermain balok. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 145154.

Jafar, Y., & Surganingsih, M. (2021). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Pada Ra Jamiatul Khaer Kota Makassar). TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 101. https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20298

Khairun Nisa, N., Prayogo, B. H., kunci, K., Bernyanyi, M., Bahasa, P., & Usia Dini, A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Bougenvile 90 Rambipuji Jember. Jecie, 3(1), 25992759.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi metode bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan berbicara anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 402–408. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/962

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2016). Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini DOI : A . PENDAHULUAN Anak usia dini berada dalam masa keemasan di sepanjang rentang usia perkembangan manusia ( Wiyani , 2015 ). Perkembangan anak usia dini mencangkup aspek agama dan moral , fisik-motori. 60–76.

Suryaningsih. (2015). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Lembaga PAUD Melati II Madiun Tahun Ajaran 2015/2016. Seminar Nasional Pendidikan Uns & Ispi Jawa Tengah 2015, November 2015, 132135.

Uloli, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 tahun Menggunakan Pendekatan Think, Pair, and Share. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1688–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.997

Verawaty, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini.

Weeks, D. P. C. C. L. E. Y. N. to K. in 20. (2015). Meningkatkan perkembangan kognitif dengan metode bernyanyi pada anak usia dini. Dk, 53(9), 16891699.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.3047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.