Pengaruh permainan magic card terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Sipurennu

Mutiah Nurul Huda

Abstract


Mutiah Nurul Huda, 2022. Pengaruh Permainan Magic Card Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Di Di TK Mutiara Sipurennu. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsuardi dan Hj Herlina).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan magic card terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Sipurennu. Pendekatan Penenlitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif  dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Sipurennu yag berjumlah 20 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak dengan 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun yang diberikan perlakuan permainan magic card pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan kartu gambar. Pembelajaran menggunakan magic card sangat menarik perhatian anak karena mengandung unsur magic pada gambar ketika dimainkan oleh anak sehingga menarik perhatian anak untuk belajar menceritaka gambar yang ada pada permainan magic card.

 

 

Kata Kunci : Permainan Magic Card; Kemampuan Bercerita

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.3045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.