Mengoptimalkan Pengenalan Literasi Pada Anak Sejak Usia Dini: Menumbuhkan Keterampilan Membaca dan Menulis

Ilham Karim Parapat, Mardianto Mardianto, Muhammad Irwan Padli Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengenalan literasi pada anak sejak usia dini dengan fokus pada pengembangan keterampilan membaca dan menulis. Literasi merupakan kunci penting dalam perkembangan anak, dan memperkenalkannya sejak usia dini dapat memberikan fondasi yang kuat untuk pembelajaran bahasa dan komunikasi di masa depan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengenalan keterampilan membaca pada anak usia dini sangat diperlukan, karena keterampilan membaca yang kuat sangat penting dan dapat meningkatkan manfaat positif penggunaan internet serta mengurangi dampak negatifnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, peran orang tua, guru dan lingkungan sangat penting. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pengenalan literasi sejak dini dan memberikan rekomendasi untuk praktik pengajaran yang efektif dalam membangun keterampilan bahasa pada anak-anak usia dini.

Kata Kunci: Pengenalan literasi, Anak usia dini, Keterampilan membaca dan menulis

This research aims to optimize the introduction of literacy in children from an early age with a focus on developing reading and writing skills. Literacy is of key importance in a child's development, and introducing it from an early age can provide a strong foundation for future language learning and communication. The research methodology used is a literature review with a qualitative approach. The results of this study indicate that the introduction of reading skills in early childhood is very necessary, because strong reading skills are very important and can increase the positive benefits of using the internet and reduce its negative impacts. To achieve this goal, the role of parents, teachers and the environment is very important. The results of this study are expected to provide a better understanding of the importance of introducing literacy from an early age and provide recommendations for effective teaching practices in building language skills in young children.

Keywords: Literacy introduction, Early childhood, Reading and writing skills

 


Full Text:

PDF

References


Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Dwi, V., & Zati, A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. 4(1), 2502–7166.

Grace, S. B., Tandra, A. G. K., & Mary, M. (2020). Komunikasi Efektif Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental. Jurnal Komunikasi, 12(2), 191. Https://Doi.Org/10.24912/Jk.V12i2.5948

Huda, H., & Rendi, A. W. (2020). Budaya Literasi, Mencerdaskan Anak Negeri. Jiwakerta: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 01(02).

Nur Fadhilah, R., Arsanti, M., & Arsanti, M. (2023). Dampak Literasi Bagi Anak Usia Dini Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, Dan Diseminas.

Nurhayati, R., Yogyakarta, S., & Koresponden, P. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dalam Keluarga. 4(1), 79–88.

Primayana, K. H., Yulia, P., Dewi, A., & Gede, I. G. D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Pada Anak. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Safitri, D. N., Muryanti, E., & Kunci, K. (N.D.). Analisis Pengenalan Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Pada Masa New Normal. Jce, 5(2), 2598–2184. Https://Doi.Org/10.Xxxxx

Saputra, S. J., Adiprasetio, J., & Kusmayadi, I. M. (N.D.). Pentingnya Literasi Media. Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=

Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua Dan Guru Terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3931–3943. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i5.2453

Yuliana, Y. (2022). Pentingnya Kewaspadaan Berinternet Untuk Kesehatan Mental Anak Dan Remaja. Jurnal Ilmu Medis Indonesia, 2(1), 25–31. Https://Doi.Org/10.35912/Jimi.V2i1.1218




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.