Pengembangan APE Box Hijaiyah untuk Meningkatkan Bacaan Huruf Hijaiyah Anak Usia 5-6 Tahun

Widia Wati, Heliati Fajriah, Faizatul Faridy

Abstract


Sebagian besar anak di TK Anugrah tidak mengenal simbol, dan juga hubungan antara bunyi dan bentuk huruf hijaiyah dikarenakan tidak adanya APE yang dapat meningkatkan bacaan huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan APE box hijaiyah untuk meningkatkan bacaan huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun di kelas B TK Anugrah Desa Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), dengan model ADDIE (Analysis) analisis, (Design) desain, (Development) pengembangan, (Implementation) implementasi, (Evaluation) evaluasi. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi maka didapati skor sebanyak 3.0, serta ahli media sebanyak 2,8. Sehingga APE box hijaiyah dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan bacaan huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan analisis penggunaan APE Box Hijaiyah di kelas B TK Anugrah didapati hasil akhir sebanyak 96% anak sudah mampu meningkatkan bacaan huruf hijaiyahnya dengan baik dan benar.

Full Text:

PDF

References


Adolf Bastian dan Suharni, (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Kartu Gambar, Jurnal ISSN, Vol 6, Nomor 3.

Andang Ismail. (2006). Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.

Andi Yudha Asfandiyar. (2009). Kenapa Guru Harus Kreatif?. (Bandung: DAR! Mizan.

Anita Afrianingsih, Aprilia Riyana Putri, M. Misbahul Munir, (2019). Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini, Jurnal ISSN, Vol 5, Nomor 2.

Azuar Juliandi, dkk. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press

Cakra Suhati, Marwani. R, dan Sri Lestari, (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal ISSN, Vol. 3, Nomor 7.

Dadan Suryana. (2014). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Devinta Puspita Ratri, dkk. (2018). Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini, Malang: UB Press.

Eliyyil Akbar. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Predana Media Grup.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fauzi, Ahmad. (2015). Bimbingan Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Guslinda, Rita Kurnia. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung pembelajaran AUD. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maura Xaveria Tupamahu. (2018). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Psikolog Universitas Indonesia.

Muazzar Habibi. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar SI PAUD). Yogyakarta: Deepublish.

Muh. Fitrah, Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nur Hamzah. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Nurdyansyah,N. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Umsida Press.

Putri Pandan Wangi. (2005). Mendidik Anak Prasekolah. Yogyakarta: Damar Pustaka.

Rusdianto. (2018). Kamus 3 Bahasa: Arab-Inggris-Indonesia. Yogyakarta: KAKTUS.

Saad Reyadh. (2009). Mencetak Anak Jenius Usia Balita, Surakarta: Rahma Media Pustaka.

Sadiman, Arief, dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Selfi Lailiyatul Iftitah. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: IKAPI.

Siti Aisyah. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2017). Teori Pembelajaran anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yasbiati, Gilar Gandana. (2019). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Zain, Mohammad. (2013). Teori Belajar Anak usia Dini dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zubaidah, Rita. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini dan Teori Belajar. Surabaya: Media Gruop.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.