Peran Guru Dalam Pembelajaran Project Based Learning Pada Profil Pelajar Pancasila Di Tk Islam Al-Amanah, Jakarta Utara
Abstract
Abstrak
Peran guru dalam pembelajaran Project Based Learning ialah: 1) Guru bertindak sebagai fasilitator yang nantinya guru membantu siswa jika ada kesulitan disepanjang pembelajaran proyek.. 2) Pendidik akan memberikan kebebasan kepada siswa untuk bereksperimen guna menemukan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. 3) Pendidik akan memberikan sumber daya dan informasi kepada siswa ketika mereka mengalami kesulitan sehingga mereka dapat melanjutkan pembelajaran mereka.. 3) Guru akan memberikan sumber daya dan informasi kepada siswa. Para guru di TK islam Al-Amanah Jakarta Utara belum memahami model pembelajaran tersebut secara tepat. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu hasil akhirnya berupa data deskriptif yang merupakan kata-kata tercatat ataupun melalui pembicaraan antara 2 pihak atau lebih. Hasil penelitian ini ialah guru berperan dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang lebih matang lagi sehingga nanti dapat dengan mudah mencari solusi dari kendala model pembelajaran Project Based Learning, dan peran guru juga sebagai fasilitator bagi pelajar di TK Islam Al-Amanah Jakarta Utara.
Kata kunci:Kurikulum Merdeka; P5; Peran Guru; Project Based Learning.
Abstract
The teacher's role in Project Based Learning learning is: 1) The teacher acts as a facilitator who will later help students if there are difficulties along the project learning. 2) Educators will give students the freedom to experiment in order to find solutions to the problems they face. 3) Educators will provide resources and information to students when they experience difficulties so that they can continue their learning. 3) Teachers will provide resources and information to students. The teachers at Al-Amanah Islamic Kindergarten, North Jakarta, do not understand the learning model properly. The research used is a qualitative approach, namely the end result is descriptive data which is recorded words or through conversations between 2 or more parties. The results of this study are that the teacher plays a role in preparing more mature learning plans so that laterthey can easily find solutions to the constraints of the Project Based Learning learning model, and the role of the teacher is also as a facilitator for students in Al-Amanah Islamic Kindergarten, North Jakarta.
Keywords: Independent Curriculum; P5; teacher's role; Project Based Learning
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., & Pamungkas, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. 4(1), 90–98. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.
Afifah, R. N., Syaodih, E., Setiasih, O., Suhandi, A., Maftuh, B., Hermita, N., Samsudin, A., & Handayani, H. (2019). An early childhood teachers teaching ability in project based science learning: A case on visible light. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022049
Agustina, L., Kusmiyati, K., & ... (2022). Peranan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMKN 2 Bangkalan. Jurnal …, 2(2), 12–20.
Boss, S., & Krauss, J. (2015). Reinventing project-based learning. International Society for Technology in Education, 184.
Halal Syah Aji, R., & Hartana Iswandi Putra, M. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 7486–7495.
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.
Krauss, J., & Boss, S. (2013). (n.d.). Thinking through project-based learning: Guiding deeper inquiry. Corwin Press.
Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya.
Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2021). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 704–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1559
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045 PENDAHULUAN Baru-baru ini Menteri Pendidikan Indonesia Nadiem Makariem , membuat sebuah terobosan baru sebagai sebuah solusi yang ditawarkan untuk mengatasi belajar kua. 1, 76–86.
Rahmawati, R. F. (n.d.). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ABA V Gondangmanis Kudus. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 1–10.
Sinaga, R., & Timbange, Y. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Taman Kanak- Kanak Melalui Metode Project Based Learning. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 13–30. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.87
Windiatmoko, D. U., & Majapahit, U. I. (n.d.). Konstruksi profil pelajar pancasila dan dimensi karakter luhur dalam arus utama kurikulum merdeka. 16–28.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.