Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Kec. Medan Denai
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bealajar sosial emosional anak sebelum metode bermain peran dan setelah menerapkan metode bermain peran anak usia 5-6 tahun di RA Al-Mukhlisin 2021. Subjek yang di gunakan seluruh kelompok B usia 5-6 tahun di RA Al-Mukhlisin yang berjumlah 15 orang siswa. Didalam Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di RA Al-Mukhlisin Kec. Medan Denai. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu Teknik Observasi dan Dokumentasi.
Hasil penelitian siklus I diperoleh data perkembangan sosial anak masih rendah. Dari 15 orang anak, 11 orang anak dikategorikan mulai berkembang (80%) dan 4 anak yang memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan (20%). Pada siklus II dilaksanakan penelitian dengan memperbaiki kesulitan yang di hadapi anak untuk memperoleh peningkatan yang maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, Dari 15 anak kriteria berkembang sangat baik sebanyak 8 orang (53,33%), sedangkang kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 7 orang anak (46,67%). Anak yang memperoleh kriteria mulai berkembang tidak ada dan anak yang memperoleh kriteria belum berkembang tidak ada.
Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional Dan Bermain Peran
Abstract
The purpose of this study was to find out the socio-emotional learning of children before the role playing method and after applying the role playing method of children aged 5-6 years at RA Al-Mukhlisin 2021. The subjects used were all group B aged 5-6 years at RA Al-Mukhlisin consisting of 15 studentsIn this study using classroom action research (CAR). This research was conducted in RA Al-Mukhlisin Kec. Denai field. The technique used in this research data collection is the Observation and Documentation Technique.
The results of the first cycle research obtained that the data on children's social development is still low. Of the 15 children, 11 children were categorized as starting to develop (80%) and 4 children who obtained the criteria for developing as expected (20%). In the second cycle, research was carried out by correcting the difficulties faced by children to obtain maximum improvement. In the second cycle there was a significant increase, from 15 children the criteria developed very well as many as 8 people (53.33%), while the criteria developed according to expectations as many as 7 children (46.67%). There are no children who get the criteria for starting to develop and there are no children who get the criteria for not developing.
- Keywords: Emotional Social Development and Role Playing
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al.Tridhonanto,2009,Melejitkan Kecerdasan Emosi (EQ) buah hati.( Jakarta:Beranda Agency).
Aliah hasan, 2006, psikillogi perkembangan islami’; Menyikapi rentang kehidupan manusia dari prakelahiran hingga pascakematian.(jakarta:Rajawali Pers).
Alzena Masykouri, 2011, Membangun Sosial Emosi Anak di Usia 0-2 tahun, ( Jakarta: Dirjen PAUDNI)
Amirullah Syarbini, 2014, (Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga,(Jakarta:Elex Media Komputindo).
Andi Agusniatih, Jane M Monepa, 2009, Keterampilan Sosial Anak Usia Dini, (Tasikmalaya: Edu Publisher).
Arsip Suryadi, 2018, Menggagas Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Remaja Rosdakarya).
Arikunto, 2006,Perencanaan Pembelajaran, (Surakarta: Citra Pustaka).
Elizabeth B, Hurlock, Psikologi Perkembangan: Suatau Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan, ( Jakarta: Erlangga,, 1998).
Ilman Saputra dan Alzena Masykouri, 2011, Membangun Sosia-Emosional Anak Usia dini usia 4-6 tahun, ( Jakarta : Dirjen PAUDNI).
Johni Dimyati, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (Jakarta: Kencana).
Jasa Ungguh Muliawan, 2009, Tips Jitu Memilih Mainan Posif & Kreatif Untuk Anak Anda,( Jogjakarta: Diva Press).
Khadijah, 2015, Media pembelajaran anak usia dini,( Medan:Perdana Pubhlising)
Khadijah, 2016, Pendidikan Prasekolah,( Medan: Perdana Pubhlising)
Khadijah, 2007, Permasalahan Anak Usia Dini, (Medan, Perdana Publishing).Khadijah, 2016, Pendidikan Prasekolah ( Medan:Perdana Pubhlising).
Kisyani Laksono dan Tatag Yuli Eko Siswono, 2018, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung:Remaja Rosdakary
Latif Mukhtar, dkk, 2013, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Makmun Mubayyin, 2007, kecerdasan dan kesehatan Emosional anak, ( Jakarta : Pustaka Al-Kautsar).
Maratus Kibtiyah, 2015, Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B Ra Al-Huda Reejomulyo kecamatan Kras Kabupaten Kediri
Masnipal, 2013, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, (Jakarta: Elex Media Komputindo)
Mufarizuddin, 2018, Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Educatio,(Journal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 162-169)
Moeslichtoen, 2004, Metode Pengajaran Ditaman Kanak-kanak, ( Jakarta: Renika Cipta).
Mulyasa, 2017, Strategi Pembelajaran PAUD ( Bandung:PT Remaja Rosdakarya).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1654
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.