Implementasi Model Pembelajaran Sentra Dalam Mengembangkan Multiple Intellegensi Anak Usia Dini di RA Azzahra Lampung Timur

Sefriyanti sefriyanti, Raden Rachmy Diana

Abstract


Abstrak

Model Pembelajaran Sentra merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak dan pembelajarannya dilakukan di dalam lingkaran ( Circle Time) dan sentra. Di dalam sentra bermain anak akan mengeksplor kemampuan dirinya sesuai minat dan bakat sehingga mampu menstimulasi seluruh aspek kecerdasan anak ( multiple intellegensi) melalui bermain yang terarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran sentra mampu mengembangkan multiple intellegensi anak di RA Azzahra Lampung Timur. Subyek penelitian ini ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru sentra kelompok B dan Anak didik yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, melalui data kegiatan anak dan ruang sentra yang ada, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman terdiri atas mereduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Sentra yang diterapkan di RA Azzahra diantaranya; sentra persiapan, sentra seni, sentra balok, sentra bahan alam, dan sentra bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran sentra di RA Azzahra Lampung Timur untuk mengembangkan multiple intellegensi anak mampu terlaksana dengan baik melalui beberapa tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran tersusun secara sistematis dan terencana sesuai dengan kurikulum dan standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) usia 5-6 tahun.

Kata kunci: model pembelajaran sentra, multiple intellegence, anak usia dini

 

Abstract

This study aims to determine the kinesthetic intelligence, gross motor development, and the relationship between kinesthetic intelligence and gross motor development of children aged 5-6 years at RA Karya Panda Budi. This research is a correlational quantitative research. The sample in this study were 30 people. The research instrument used a questionnaire sheet. The data analysis technique in this research is to test the correlation hypothesis using the product moment formula. This research proves that: (1) as many as 10 children 5-6 years at RA Karya Panca Budi have low category kinesthetic intelligence, 16 people are in the medium category and 4 people are in the high category; (2) as many as 5 children 5-6 years at RA Karya Panca Budi had gross motor development starting to develop, as many as 18 people were developing according to expectations, and as many as 7 people were categorized as very well developed; and (3) there is a significant relationship between kinesthetic intelligence and gross motor development of children aged 5-6

 

 

years in RA Karya Panca Budi.

Keywords: early childhood; kinesthetic intelligence; gross motor development

 


Full Text:

PDF

References


Agustin, M. (2013). MENGENALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI KECERDASAN JAMAK ANAK SEJAK DINI SEBAGAI TONGGAK AWAL MELAHIRKAN GENERASI EMAS. Cakrawala Dini, 4(2).

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.

Ali Rochmad Noor. (2015). Analisis Konsep Howard Gardner Tentang Kecerdasan Majemkuk ( Multiple Intellegences) dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran yang Sesuai Dengan Perkembangan Anak di TK Alam Alfa Kids Pati Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Dhuriyatun Nasichah, S. J. A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Balok Anak Kelompok B di TK Khadijah Pendegiling Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 6(3).

Fatmawati, L. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2).

Fauzia, S. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. IAIN Tulungagung.

Fitria, E., Rachmi, T., & Prima, W. A. (2020). Penerapan Kegiatan Sentra Seni pada Pembelajaran di PAUD. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1). https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2859

Fitriyah, A. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Pada Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Keimanan Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Al Falah Surabaya (Issue 1). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712

Lailan, A. (2017). Model Pembelajaran Sentra Pendidikan Anak Usia Dini. An-Nahdhah, 2(10).

Mandasari, E. (2013). EVALUASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BCCT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA 2- 4 TAHUN DI PAUD AZ- ZAHRAH SURABAYA. J+PLUS UNESA, 2(1).

Masdudi, M. (2017). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligences Bagi Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1362

Mulyani, S. (2018). Model Pembelajaran Sentra di TK Al Irsyad Lemahabang Cirebon. Institut Agama Islam IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2021). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Predana.

Nurwati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak di Taman Kanak-Kanak Kota Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.21093/sajie.v2i1.1860

Putri, M., Rakimahwati, R., & Zulminiati, Z. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Bermain Peran Makro terhadap Perkembangan Bahasa Lisan Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Kota Padang. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1). https://doi.org/10.33369/jip.4.1.49-58

Rahmawati, D. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DI TK ABA AL WAFA YOGYAKARTA. Universitas Ahmad Dahlan.

Resa Respati, L. N. T. R. (2018). GERAK DAN LAGU SEBAGAI MODEL STIMULASI PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Usia DIni, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.13

Ria Octa Viani, J. (2020). PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).

Setyowati, R. (2019). IMPLEMENTASI PIJAKAN PADA SENTRA BALOK DI TK ISLAM KANITA TIARA BAKI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018 / 2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yacub, J. (2013). Meningkatkan Prestasi Akademik. Darussalam Press.

Yennizar, N., & Hikmah, M. (2020). Implementasi Pijakan Lingkungan Main pada Pembelajaran Sentra Persiapan di Taman Kanak- Kanak Mamba ’ ul Ulum Bajubang Kabupaten Batang Hari Jambi. Journal Of Islmaic Early Childhood Education Kindergarten, 3(2).

Yunisari, D., & Amsal Amri, F. (2016). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Di Sentra Bahan Alam Pada Paud Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.