Penerapan Metode Hafalan Juz ‘Amma Dengan Gerakan Tangan Pada Anak Usia Dini di Tk Darul Qur’an Karang Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode hafalan Juz ‘Amma dengan gerakan tangan di TK Darul Qur’an Karang Tengah Kecamatan Baturraden. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan guna untuk memperoleh data dan informasi yang terkait dengan penelitian. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan wali murid. Sedangkan obyek dalam penelitian ini yaitu penerapan hafalan juz ‘amma dengan gerakan tangan pada anak usia dini. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Tujuan dari penerapan metode hafalan juz ‘amma dengan gerakan tangan yaitu untuk mengetahui penerapan hafalan juz ‘amma dengan gerakan tangan pada anak usia dini. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penerapan hafalan juz ‘amma dengan gerakan tangan memudahkan setiap guru dalam membimbing anak untuk hafalan, memudahkan anak untuk mengingat hafalan yang telah diajarkan, memudahkan anak memahami makna dari ayat yang di hafal, melatih fisik motorik anak melalui gerakan tangan dan mendekatkan anak dengan kecintaan terhaap Al-Qur’an.
Kata Kunci : Hafalan Juz ‘Amma, Gerakan Tangan, Anak-anak, TK Darul Qur’an Al Karim
AbstractThis study aims to describe and analyze the method of memorizing Juz 'Amma with hand movements in Darul Qur'an Kindergarten Karang Tengah, Baturraden District. This type of research method is field research or field research where researchers go directly to the field in order to obtain data and information related to research. The approach used is a qualitative approach. The subjects in this study were principals, teachers, students and guardians of students. While the object in this study is the application of memorizing juz 'amma with hand movements in early childhood. Data collection techniques with interviews, observation and documentation. While the data analysis technique is data reduction, data presentation, and data verification. The purpose of applying the method of memorizing juz 'amma with hand movements is to find out the application of memorizing juz 'amma with hand movements in early childhood. The results of the study show that the application of memorizing juz 'amma with hand movements makes it easier for every teacher to guide children to rote, makes it easier for children to remember what has been taught, makes it easier for children to understand the meaning of memorized verses, trains children's physical motor skills through hand movements and draws closer. children with a love for the Qur'an.
Keywords: Memorizing Juz 'Amma, Hand Movement, Children, Darul Qur'an Al Karim Kindergarten
Full Text:
pdfReferences
Adinda, Winda Nuri, Sri Wahyuni, and Khotimatul Majidah S. 2020. “Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini Di Annur I Sleman Yogyakarta.” JURNAL RAUDHAH 8 (1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.589.
Arsyam, Muhammad, and Andi Mujaddidah Alwi. 2020. “MANAJEMEN HIDUP DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN.” OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/eq4ap.
Faisal, Vava Imam Agus. 2020. “Implementasi Metode Drill Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Hafalan Juz ‘Amma Di Madrasah Diniyah Miftahul Ihsan Berankepil Wonosobo.” Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an 1 (1): 20–29.
Ibnu Yogi Pramono, 102338117. 2016. “Metode Pembelajaran Hafalan Juz ‘Amma Pada Siswa Di Sd Negeri 1 Karangkemiri Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.” Skripsi, IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/134/.
Lexy J. Moleong. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhsin, Ali, and Zainul Arifin. 2017. “Pengaruh Hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Tafaqquh Fiddin Darul Ulum Terhadap Hasil Belajar Alquran dan Hadis di MTsN Rejoso Peterongan 1.” Jurnal Pendidikan Islam 1 (2): 275–94.
Pinasthika, Lalitya Talitha. 2017. “Pengaruh Pendidikan Montessori Terhadap Konsep Bermain Anak.” Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual 10 (1): 56–66. https://doi.org/10.31937/ultimart.v10i1.764.
Sa’diyah, Halimatus, Anisatul Badriya, Ikmawati Ikmawati, Khoiriyatun Nisa, Putri Kartika, and Ulfatul Qomaria. 2021. “Pendampingan Hafalan Jus Amma Dengan 4 Metode.” Nusantara Journal of Community Engagement 2 (1): 95–101. https://doi.org/10.2020/njce.v1i3.4107.
Safik, Moh. 2020. “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hafalan Juz Amma Siswa.” Halimi: Journal of Education 1 (1): 23–43.
Solihin, Rahmat. 2020. “Aplikasi Interaktif Tahfidz Al-Quran Juz Amma (Studi Kasus Di Sdi Mohammad Hatta).” As-Sibyan 3 (2): 1–11. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.182.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Syarif, Syarif, and Nur Kholis. 2020. “Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Menggunakan Zoom: Studi Pada Siswa Kelas 8 Smp Ar-Rahmah Malang.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 11 (2): 275–93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7106.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.