Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 di TK Anugrah Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perkembangan dan pengaruh sosial anak usia 5-6 tahun dalam penggunaan model pembelajaran make a match. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif (Quasi Eksperimen Design), menggunakan 2 kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Jumlah populasi adalah 38 anak. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu mengambil seluruh populasi menjadi sampel. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, teknik analisis data, menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu Pertama Perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Anugrah dibuktikan melalui observasi sebelum menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas eksperimen diperoleh dengan nilai rata-rata 7,26 dengan nilai terendah 5, dan nilai tertinggi 9, modusnya 8, dan mediannya 8. Kemudian menggunakan model kelompok diperoleh dengan nilai rata-rata 8,11 dengan nilai terendah 5 dan nilai tertinggi 12, modusnya 8, mediannya 8, dan simpangan baku 1,761. 2) Penggunaan model pembelajaran make a match terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun diperoleh dengan nilai rata-rata 17,53 dengan nilai terendah 15 dan nilai tertinggi 20, modusnya 18 dan mediannya 18. Jadi, perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Anugrah menggunakan model pembelajaran make a match sudah berkembang secara optimal, Kedua Terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap perkembangan sosial anak usia sebesar 0,05 didapat ttabel pada a diperoleh nilai thitung = 24.8969 dengan taraf dt 17 diperoleh nilai ttabel = 2,10982. Karena thitung>ttabel maka H0 : ditolak, Ha : diterima
Kata kunci: Perkembangan sosial; Make A Match; Paud
AbstractThis study aims to determine the development and social influence of children aged 5-6 years in the use of the make a match learning model. The research used is quantitative (Quasi Experimental Design), using 2 classes, namely experimental and control. The total population is 38 children. Sampling in this study used total sampling, namely taking the entire population as a sample. This research instrument uses observation sheets, data analysis techniques, using normality, homogeneity and hypothesis tests. The results of this study are: First, the social development of children aged 5-6 years in Anugrah Kindergarten is proven through observation before using the make a match learning model in the experimental class obtained with an average value of 7.26 with the lowest score of 5, and the highest score of 9, the mode is 8 , and the median is 8. Then using the group model, the average value is 8.11 with the lowest value 5 and the highest value being 12, the mode is 8, the median is 8, and the standard deviation is 1.761. 2) The use of the make a match learning model on the social development of children aged 5-6 years is obtained with an average value of 17.53 with the lowest score of 15 and the highest score of 20, the mode is 18 and the median is 18. So, the social development of children aged 5-6 years in Kindergarten Anugrah using the make a match learning model has developed optimally, Second There is the effect of the Make A Match learning model on the social development of children aged 0.05, obtained ttable in , the value of tcount = 24.8969 with dt level of 17 obtained the value of ttable = 2 ,10982. Because tcount > t table then H0 : rejected, Ha : accepted
Keywords: Social development; Make A Match; Paud
Full Text:
PDFReferences
Anita Yus, 2016. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Anugrah, Ali. 2009. Metode Pengembangan Sosial Emosional, Jakarta: Universitas terbuka
B. Uno, Hamzah. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara
Djoehaeni, Henny Masitoh, Ocih Setiasih. 2015. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Dimyati, Johni. 2016. Pembelajaran Terpadu Untuk Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal dan Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana
Fadillah, Muhammad. 2015. Desain Pembelajaran PAUD, Depok: Ar Ruzz Media
Fatmawati, Nia., Pinka Olivia, Ari Sofia. 2019, Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Perkembangan Interaksi Sosial Anak, FKIP Universitas Lampung
Hartina, Sitti. 2018. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Refika Aditama
Hasnida. 2015. Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini, Jakarta: Luxima Media
Husrizal, Dedy & Nasriah. 2014. Konsep Dasar PAUD, Medan: Unimed Press
Jayanti, Dewi Ayu Surya, Aditya Antara, Rahayu Ujianti. 2019, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kepercayaan Diri Kelompok B Gugus I
Junaidi. 2017. Metode Pendidikan Rasulullah Inspirasi Bagi Guru Sejati, Medan: Perdana Publishing
Khadijah. 2016. Pendidikan Prasekolah, Medan: Perdana Publishing
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing
Khairina.2016. Perkembangan Anak Usia RA, Medan: Diktat
Maisarah. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Medan: Akasha Sakti
Mansur. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mutiah, Diana. 2015. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Mustofa, Bisri. 2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Pra Sekolah, Yogyakarta: Parama Ilmu
Ndari, Susanti Selaras,. dkk. 2018. Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini, Jawa Barat: Edu Publisher
Nuoorlaila, Iva. 2015.Panduan Lengkap Mengajar PAUD, Yogyakarta: Pinus Book Publishe
Nurmalitasari, Femmi. 2015.Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah, Fakultas Psikologi UGM (Vol 23) No. 2
Rahyuni, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak.Jurnal PG PAUD UNDIKSHA 2(01)
Sugandhi, Nani M & Syamsu Yusuf. 2014. Perkembangan Peserta didik, Depok: PT Raja Grafindo
Sujiono, Yuliani Nurani. 2014. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks
Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: Kencana
Susanto, Ahmad. 2015.Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Prenada Media Group
Ulfah, Maulidya &Suyadi. 2015.Konsep Dasar PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdikarya
Waridah, Oksiana Weni, Yakobus Ason, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Dan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini TK Negeri Pembina, STKIP Melawi
Wibowo, Agus. 2017. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wiyani, Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD, Yogyakarta: Gava Media
Umayah, 2017. Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini, As-sibyan Vol 2 No. 1
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.