Early Children’s Communication Ability : Unit Block Game Implementation

Veryawan Veryawan, Rabitah Hanum Hasibuan, Hasnah Siahaan

Abstract


Komunikasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi manusia dalam menjalin interaksi. Komunikasi dapat memberikan kepuasan bagi masing-masing orang, misalnya terpenuhi perasaan kasih sayang, cinta dan perhatian. Oleh karena itu, untuk menstimulasi perkembangan berbicara anak, komunikasi sangat perlu untuk diperhatikan. Salah satu pilihan untuk mengembangkan komunikasi anak adalah melalui kegiatan bermain balok unit. Melalui bermain balok anak akan membangun sebuah bentuk yang kemudian mereka mencoba menjelaskan apa yang telah dikerjakannya. Penelitian ini dilakukan di RA Robbani Rantauprapat. Subjek dari penelitian ini adalah anak didik RA Robbani Rantauprapat kelompok A yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian ini dikemas dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode ini digunakan terutama yang diteliti bersumber dari masalah yang timbul sehari–hari di dalam kelas yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran dikelas. Model penelitian yang digunakan adalah : Perencanaan (planning), Tindakan (acting), Pengamatan (observing) dan Refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan dalam implikasi bermain balok unit terhadap kemampuan komunikasi anak usia dini menunjukkan perkembangan yang sangat baik dan telah mencapai tingkat perkembangan sesuai dengan harapan yaitu 80%.

Kata Kunci: permainan balok, kemampuan, komunikasi

Communication is a basic need for humans in establishing interactions. Communication can provide satisfaction for each person, for example, fulfilled feelings of affection, love and attention. Therefore, to stimulate the development of children's speech, communication is very necessary to pay attention to. One option to develop children's communication is through unit block play activities. Through playing with blocks, children will build a shape which they then try to explain what they have done. This research was conducted at RA Robbani Rantauprapat. The subjects of this study were students of RA Robbani Rantauprapat group A, totaling 15 people consisting of 10 boys and 5 girls. This research is packaged in the form of Classroom Action Research (CAR) and this method is used, especially those researched originating from problems that arise everyday in the classroom which aim to improve the learning system in the classroom. The research model used is: Planning (planning), Action (acting), Observing (observing) and Reflecting (reflecting). The results showed that the level of success in the implication of playing unit blocks on early childhood communication skills showed very good development and had reached the level of development in accordance with expectations, namely 80%.

Keywords: Block game; ability; communication


Full Text:

PDF

References


Anita, Risyak, B. and Surahman, M. (2015) ‘Implementasi Bermain Balok Unit Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak, 1(6).

Arikunto, S. (2015) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Hermoyo, R. P. (2014) ‘Membentuk Komunikasi Yang Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Pedagogi, 1(1), pp. 1–22.

Hisna (2012) ‘Permainan Balok Huruf Taman Kanak-Kanak’, Jurnal Pesonal PAUD, 1(1), pp. 1–12.

Istiarini, R. (2014) ‘Peningkatan kemampuan berbicara melalui bermain balok’, Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), pp. 145–154.

Lestari, A., Syaikhu, A. and Nugraheny, D. C. (2019) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi melalui Metode Bercerita di PAUD Nusa Indah Ceria’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, pp. 1–6.

Nurjanah, A. putri and Anggraini, G. (2020) ‘Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), pp. 1–7. doi: https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7.

Tanjung, P. S., Izzati and Hartati, S. (2020) ‘Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 3380–3386.

Veryawan and Jellysha (2020) ‘Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kata Orak-Arik’, Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), pp. 13–22.

Veryawan, V., Tan, M. and Syarfina, S. (2021) ‘Kegiatan Bermain Kotak Ajaib (Magic Box) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini’, Yaa Bunayya, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 44–52.

WS, N. N., Prima, E. and Lestari, P. I. (2016) ‘Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjepit Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B di TK Astiti Dharma’, JEPUN | Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1), p. 48.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.