MENINGKATKAN POTENSI MINAT DAN BAKAT MELALUI GEMA 1 MUHARRAM DI KAMPUNG DURIAN MENDE ACEH TAMIANG

Sapri Sapri, Nirwana Anas, Riris Nurkholidah Rambe, M. Abrar Putra Kaya Harahap, Omega Megarani, Ros Suryaningsih Gee, Sabina Khairunnisa, Annisa Balqis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat anak melalui lomba Gebyar Muharram (GEMA) di kampung Durian Mende. Penelitian dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan prodi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan dengan menggunakan enam  tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu, 1)Observasi, 2)Perencanaan Program,  3)Pembentukanpanitian, 4)Pelatihan, 5)Pembelakan, 6)Praktek. Hasil dari kegiatan Lomba GEMA  di kampung Durian Mende dapat dilihat bahwa anak-anak sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti lomba. Untuk mengetahui minat dan bakat anak-anak kampung Durian Mende, dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Agar bakat tersebut dapat teralisasikan maka adanya pelatihan untuk membantu para anak-anak kampung Durian Mende. Untuk mengali minat dan bakat anak-anak kampung Durian Mende, di lakukan pelatihan dan pembelakalan. Pelatihan dan pembekalan serta adanya praktek yang di sesuaikan dengan minat masing-masing individu dapat membantu meningkatkan minat dan bakat mereka. Faktor-faktor eksternal seperti lingkungan, orang tua, dukungan sosial, teknologi menjadi point penting dalam meningkatkan minat dan bakat anak.

Keywords


Peningkatan, Minat dan Bakat, Anak-anak, Durian Mende

Full Text:

PDF

References


de Holis. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 23–37.

Andi Alam Bahri, Patimatun Azzahra, Fitriya, Muhammad Ain, Khairunida, Hasanah, Widya Wati, Jahrudinnur, Isna Mayada, & Rahman Maulana. (2023). Menggali Potensi Dan Meningkatkan Semangat Religiusitas Anak-Anak Desa Cempaka Mulia Timur Melalui Festival Anak Sholeh. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 1058–1065.

Khotibul Iman. (2015). Pengembangan Bakat dan Minat Siswa. Jurnal Insania, 20(2), 263–274.

Mardianto. (2022). FITK UINSU Lepas Mahasiswa Program PEMA : 1663 Mahasiswa Mengabdi di 48 Desa. uinsu.ac.id. https://uinsu.ac.id/fitk-uin-su-lepas-mahasiswa-program-pema-1-663-mahasiswa-mengabdi-di-48-desa/

Miftahul Huda. (2009). Idealitas Pendidikan Anak (Tafsir Tematik QS. Luqman). UIN Malang Press.

Subhin, & M. Abdillah. (2017). Membentuk Akhlaqul Karimah pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 5(1), 47–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v3i1.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.