PENINGKATAN EKSISTENSI BIMBINGAN KONSELING DISEKOLAH MELALUI DIGITALISASI MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA KELAS X DI MAN 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan eksistensi bimbingan konseling disekolah melalui digitalisasi media bimbingan dan konseling di MAN 1 Medan. peneliti menggunakan penelitian komparatif adalah karena masalah dalam penelitian ini adalah masalah perbandingan atau perbedaan antara dua sampel yaitu kelompok bimbingan konseling dengan tatap muka atau yang melakukan bimbingan konseling dengan media digital. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang eksistensi bimbingan dan konseling pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan digitalisasi media bimbingan dan konseling. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tentang eksistensi bimbingan dan konseling pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan digitalisasi media bimbingan dan konseling. Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan eksistensi bimbingan dan konseling pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan digitalisasi bimbingan dan konseling, dengan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan bimbingan dan konseling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Said Hasan Basri, (2018). “Urgensi Penggunaan Teknologi Media dalam
Implemntasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah”, Jurnal Al Isyraq Vol. 1 No.1 (2018) : 90.
Akhyak, (2015). Profil Pendidik Sukses, Surabaya: Elkaf.
Berkan, dkk (2021). Pemanfaatan Konseling Online pada Guru SD di Kalimantan Tengah. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 85-90.
Deni Febrini, (2011) Bimbingan Konseling, Yogyakarta: Teras.
Failasufah dan Umi Solikatun, (2020) Layanan Bimbingan dan Konseling berbasis Daring (Online), (Yogyakarta: PARAMITRA Publishing, 2020).
Failasufah dan Umi Solikatun, (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling berbasis Daring (Online), Yogyakarta: Paramitra.
Hallen. A, (2015). Bimbingan dan Konseling, Ciputat : Quantum Teaching.
Hartanto, AAT, (2010). Panduan Aplikasi Smartphone. Bandung: Gramedia
Pustaka Utama.
Hikmawati, Fenti. 2016. Bimbingan Dan Konselin. Pt Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Lia, Yuliana, (2016). Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditiya Media.
Manurung, Purbatua. (2016) Media Pembelajaran & Pelayanan BK,
Medan: Perdana Publishing.
Munir, S. (2017). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Nursalim, Mochamad, (2016). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling,
(Jakarta: Akademia Permata).
Paimun, (2008). Bimbingan dan Konseling Sari Perkuliahan, Jakarta: UIN Syarif
Hidayatullah.
Pudji Rahmawati, (2014) Media Bimbingan & Konseling, UIN Sunan
Ampel.
Ramli, M., & Hidayah, N. (2018). Teknik restrukturisasi kognitif dan problem based coping untuk menurunkan stres akademik siswa: studi komparatif. Jurnal. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3 (2), 139-150.
Samsul Munir, (2017), Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Amzah.
Sofyan S. Willis, (2014) Konseling Individual (Teori dan Praktek), Bandung: CV: Alfabeta.
Tohorin, (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Intregasi), Jakarta: PT Raja Gragindo Persada.
Ulifa Rahma, (215). Bimbingan karier siswa, Malang: UIN Maliki Press.
Yusuf, Syamsul (2016), Landasan Bimbingan & Konseling, (Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2006), hal 5).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i2.3262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.