MENINGKATKAN BTQ ANAK-ANAK DI DESA PEMATANG SIJONAM DUSUN III KEC. PERBAUNGAN KAB. SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA

Rizky Auliani, Dea Putri Jelita, Risnawati Risnawati, Sinta Affrilliana Sari, Azizah Zein, Jihan Fadiyah Fithri, Rismayani Rismayani, Rhea Aquilla Fawaz, Ahmad Syukri Sitorus

Abstract


Pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan ini bertempat di Desa Pematang Sijonam Kec. Perbaungan Dusun III Provinsi Sumatera Utara. Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah sebagai salah satu pelaksanaan progam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Adapun metode yang digunakan untuk pengabdian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Selama pengabdian berlangsung kami melihat adanya anak-anak yang setiap harinya melakukan mengaji sore, kami mengadakan pendampingan belajar untuk anak-anak yang tinggal di sini. Pada  hari pertama berfokus mengobservasi anak-anak dan menemukan bahwa kemampuan baca tulis al-quran mereka masih cukup rendah,dilihat dari kelancaran membaca masih terbata-bata,dan penggunaan ilmu tajwid yang belum tepat. Setelah dilakukan pembinaan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan BTQ  anak-anak. kemudian dengan pemberian dua kali pre-test, hasil pre-test yang pertama masih banyak kekurangan sehingga diadakan lagi pre-test kedua sehingga menghasilkan anak-anak menunjukkan minat yang lebih tinggi,keterlibatan yang lebih aktif dan mendapati peningkatan keterampilan baca tulis quran mereka. Dan beberapa dari mereka sudah mampu membaca al-quran dengan memperhatikan tajwid bahkan juga membaca dengan lagu, dan bagi yang iqra sudah lebih memahami huruf-huruf hijaiyah sehingga lebih lancar dalam membaca.


Keywords


Pendidikan, Anak Usia Dini, BTQ, Literasi

Full Text:

PDF

References


Adhimah, S. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (studi kasus di desa karangbong rt. 06 rw. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Fathul Maujud. (2017). Pembinaan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Sekolah Di Desa Pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Jurnal El-Tsaqafah, 16(1), 23–32.

Hidayat, N. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an (BTQ)Dengan Metode An-Nahdliyah Di IAIN Tulungagung. Akademika Pustaka.

Nurkholis, M., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2018). Implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) Sistem Kuttab Dan Relevansinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Kuttab Nurussalam Cikoneng Kabupaten Ciamis Tahun 2018. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 12(3), 30–42.

Zainuddin, A. (2021). Tekstualitas dan Kontekstualitas Metodologi Baca Tulis Al-Qur’ān (BTQ): Studi Teks, Bahasa dan Sejarah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 61–72. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.10809

Zulfitria, & Arif, Z. (2016). Penerapan Metode Iqra Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di TK Hiama Kids. Studia Rossica Posnaniensia, 40(1), 285–292. https://doi.org/10.14746/strp.2015.40.1.28.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v3i1.3137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.