PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI DESA BAHAL
Abstract
Sebagian besar dari anak-anak menganggap bahwa matematika merupakan suatu hal yang abstrak tidak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak di desa Bahal belajar matematika hanya menggunakan sumber buku, tidak menyadari bahwa matematika dapat dipelajari dengan memanfaatkan apa yang tersedia dilingkungan, seperti halnya Candi. Etnomatematika merupakan suatu pembelajaran yang mengantarkan anak-anak untuk lebih memahami materi matematika. Belajar matematika dengan memanfaatkan Candi Bahal yang merupakan salah satu bagian dari etnomatematika. Berdasarkan ini dilakukan pengabdian kepada masyarakat belajar matematika untuk membantu guru dalam memahami dari etnomatematika dan membantu anak-anak dalam pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Metode pengabdian menggunakan penelitian participatory action research (PAR). Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan terhadap guru SD Negeri 101660 Bahal dan anak-anak di desa Bahal memberikan hasil yang baik. Dengan perubahan pengetahuan dan pemahaman guru terhadap etnomatematika. Dapat membantu anak-anak dalam belajar persegi Panjang, busur sangkar dan balok. Dari pengalaman anak-anak dalam belajar matematika berbasis etnomatematika menumbuhkan cinta anak-anak terhadap matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahmat, & Mira Mirnawati. (2020). Model Paticipation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Volume : 06, Nomor : 01, Januari.
Aniek Nur Lailil Mufaricha, D. I. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Candi Pari Sidoarjo Berdasarkan Konsep Geometri Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 1802–1811.
Artbanu Wishnu Aji. (2018). Candi-candi di Jawa Tengah. BP ISI Yogyakarta
Aritsya Imswatama,dkk (2018). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa., Seminar Nasional Pendidikan Matematika., Vol. 01, Oktober.
Dwidayati, Nurkaromah. 2018. “Menggali Etnomatematika : Matematika Sebagai Produk Budaya.” 1: 471–76.
Euis Fajriyah (2018), “Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika Dalam Mendukung Literasi,” Prosiding Seminar Nasional Matematika 1 (Prisma).
Juitaning Mustika, dkk (2022)., Oemah Matematika: Pendampingan Pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematika Untuk Anak-Anak di Kelurahan Yosorejo. Journal of Technology and Social for Community Service. Vol. 3, No. 1, March.
Jhenny Windya Pratiwi, Heni Pujiastuti, (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 05 No. 02. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Lubis, A Naashir M Tuah, and Wahyu Widada. 2020. “Kemampuan Problem Solving Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5(1): 127–33.
Nabilla Namira Permata Putri & Neni Mariana.,(2022). Etnomatematika Pada Candi Sumur Sebagai Konsep Geometri Di Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 10 Nomor 2, 289-301
Nursahadah. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Candi Portibi. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 120–126.
Rhofy Nur Khairadiningsih (2015), “Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Suku Madura di Situbondo,” 1–4.
Susanah, dan H. (2014). Geometri. Unesa University Press.
Ulum Fatmahanik (2019)., Pembelajaran Matematika dalam Kebudayaan Reog Ponorogo (Kajian Ethnomathematics)., Prosiding.
W.D Barton (1996), Ethnomatemathics; Exploring Culturan Diversity in Mathemathics (Auckland: University of Aucland).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i2.2572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.