STIMULASI KEGIATAN MEWARNAI UNTUK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Hilda Zahra Lubis, Rizky Fadila, Mutiara Mastina Fithri Daulay, Nanda Fadhillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini pada Kegiatan mewarnai. Ruang lingkup yang diambil adalah menstimulasi perkembangan anak usia dini dengan Kegiatan mewarnai. Kegiatan mewarnai yang merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak usia dini. Kegiatan mewarnai yang menyenangkan dan sederhana ini dapat membantu perkembangan anak usia dini karena Kegiatan mewarnai dapat dijadikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri anak, mengenalkan perbedaan warna pada anak, meningkatkan konsentrasi anak, mengembangkan kemampuan motorik anak, melatih kesabaran anak, dan merangsang kreativitas anak sejak dini. Dengan melakukan aktivitas seperti Kegiatan mewarnai yang dapat menstimulasi perkembangan anak usia dini. Pada pengabdian ini akan dilaksanakan kegiatan mewarnai yang digelar dalam bentuk perlombaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di TK/SDIT Mutiara Azzahra di Desa Bintang Meriah, Dusun. V, Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik TK/SD IT Mutiara Azzahra. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data Penelitian dan Pembahasan maka diperoleh hasil bahwa menstimulasi perkembangan anak usia dini dengan Kegiatan mewarnai sangatlah berdampak bagi perkembangan anak termasuk pada setiap aspek perkembangan seperti kognitif, motorik, sosial emosional dan seni. Pada proses pelaksanaan kegiatan mewarnai melalui perlombaan terdapat beberapa pengalaman untuk peserta didik seperti melatih kesabaran, meningkatkan konsentrasi, fisik motorik, dan meningkatkan kreativitas anak. Faktor pendukung pelaksanaan perlombaan mewarnai meliputi kertas bergambar untuk diwarnai anak dan krayon untuk masing-masing anak. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa orang tua Memahami pentingnya perkembangan anak pada setiap aspek perkembangan dan manfaatnya dari kegiatan mewarnai. Melalui Kegiatan mewarnai dapat menstimulasi setiap aspek perkembangan.

Full Text:

PDF

References


Anisa, W. (2019). Manfaat Lomba Mewarnai Bagi Anak Usia Dini. https://www.viva.co.id/gayahidup/parenting/1120008-manfaat-lomba-mewarnai

Agama Islam pada 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini di RA An-Naafi’ Mijen Kota Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. http://eprints.walisongo.ac.id/8774/

Anisa, W. (2019). Manfaat Lomba Mewarnai Bagi Anak Usia Dini. https://www.viva.co.id/gayahidup/parenting/1120008-manfaat-lomba-mewarnai

Husnaini, N., & Jumrah. (2019). Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 112–133. https://doi.org/10.19109/ra.v3i2.4477

Musrifah, A. (2019). Aplikasi Live texturing Coloring Book Menggunakan Augmented Reality Untuk Melatih Kreatifitas Anak. Conference: Connects 3rd 2019 “Education Transformation in Facing Industrial Revolution 4.0”, Universitas Suryakancana, Conference Paper. https://www.researchgate.net/Publication/335028877

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group.

Utami, F. P., Yeni, I., & Rakimahwati, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Jari Tangan dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 1 Padang. Journal On Teacher Education, 1(1), 45–56. file:///C:/Users/lenovo/AppData/Local/Temp/504-956-1-SM.pdf

Kurniati, E., Alfaeni, D., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),241-256. https://doi:10.31004/obsesi.v5i1.541

Larimore, R. A. (2020). Preschool Science Education: A Vision for the Future. Early Childhood Education Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01033-9

Noor, M. (2019). Psikologi Perkembangan PAUD. Tangerang: CV. Loka Aksara.

Int. J. Environ. Res. Public Health 2020, 17(8), 2792; JOURNAL Parenting knowledge, parental investments, and early childhood development in rural households in western china. International Journal of Environmental Research and Public Health (2020), https://doi.org/10.3390/ijerph17082792

Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak TK Kelompok B. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 65-73. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1754

Nani HusnainiJumrah (2019), Kegiatan Mewarnai Sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://www.mendeley.com/catalogue/d902fb9c-fa75-36b3-8301-168653f72896

Sri Slamet (2020), Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al Quran. https://www.mendeley.com/catalogue/2e1864b7-3cb3-31ee-8666-928499d085d6

Nurul Kusuma (2018), STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENI RUPA. Jurnal Pendidikan Anak (2018), https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333

Sitti Rahmawati Talango, KONSEP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Early Childhood Islamic Education Journal (2020), https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Irma Oktaviani Ana Sari, Hafidh 'Aziz (2019), Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (2019). https://www.mendeley.com/catalogue/9e2ef21f-fe22-31fb-bfca-a422d2ec5c57

Tiara Indah sari (2020), MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH 2 PALEMBANG. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2020). https://dx.doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4042. https://www.mendeley.com/catalogue/9e8958b0-2787-39ee-b102-06814289dee6

Johan Dharmawan, Eka Rahayu Setyaningsih (2020), PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY LIVE TEXTURING PADA PEMBELAJARAN MEWARNAI ANAK USIA DINI DI PAUD HOLISTIK INTEGRATIF EL-FATH SUMENEP. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar. https://www.mendeley.com/catalogue/d1ef69ee-6a72-3a41-a155-21a6cfd6a7a0




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.