Kebijakan Digitalisasi Pendidikan Islam dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan: Penelitian dengan Metode Systematic Literature Review (SLR)

Nurul Adinda Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan digitalisasi pendidikan Islam di Indonesia pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah 17 artikel ilmiah nasional berbahasa Indonesia yang diperoleh melalui aplikasi Publish or Perish berbasis Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan digitalisasi berperan penting dalam memperkuat kompetensi guru, meningkatkan literasi digital peserta didik, dan memperbaiki tata kelola lembaga pendidikan Islam. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kesenjangan kemampuan digital, dan resistensi budaya masih menjadi hambatan utama dalam implementasinya. Secara keseluruhan, kebijakan digitalisasi pendidikan Islam menjadi instrumen strategis untuk menciptakan sistem pendidikan yang adaptif, berkualitas, dan berdaya saing di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.


Full Text:

PDF

References


Abul A’la, B., Sunan, U., & Surabaya, A. (2022). Transformasi Pendidikan: Mentradisikan Digitalisasi Pendidikan Islam. In Joies: Journal Of Islamic Education Studies (Vol. 7, Issue 2).

Afra Muna, Mahdalena, & Alwi Said. (2025). Digitalisasi Layanan Pendidikan Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Madrasah: Sebuah Tinjauan Literatur. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).

Ani, F., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2025). Dampak Kebijakan Digitalisasi Pendidikan Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sma Negeri 2 Dusun Hilir. Jurnal Kepemimpinan & Pengurusan Sekolah, 10(1). Https://Doi.Org/10.34125/Jkps.V10i2.659

Arroyan, M., Nasrudin, M., & Abdurrahman Wahid Pekalongan, U. K. (2025). Kebijakan Pendidikan Dan Masa Depan Pondok Pesantren Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Education Policy And The Future Of Islamic Boarding Schools In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Jicn: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 6. Https://Jicnusantara.Com/Index.Php/Jicn

Defi Yufarika, S. (2023). Tantangan Dunia Pendidikan Dan Implikasinya Terhadap Perubahan Kebijakan. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2). Https://Ejournal.Uin-Malang.Ac.Id/Index.Php/Alrosikhuun/Index

Hamid, A. M., Rifa’i Subhi, M., Anekasari, R., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2025). Transformasi Intelektual Islam: Dari Bayt Al-Hikmah Ke Era Digitalisasi Pendidikan. In Jurnal Tinta (Vol. 7, Issue 2).

Ihsan Auliya Arrasyid, Nor Fadhila Herniyanti, Anya Dani Kinasih, & Ajahari. (2025). Penerapan Teknologi Informasi Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Era Digitalisasi. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 5.

Iqbal Zaenal Muttaqien, Maryati Mimin, & Permana Hinggil. (2023). Strategi Pengelolaan Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pada Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3).

Isma, C. N., Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 129–141. Https://Doi.Org/10.47498/Tadib.V14i2.1317

Khoirunnisa, Tamyis, & Wati Eko Endang. (2024). Upaya Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Era Digitalisasi. Unisan Jurnal: Jurnal Dan Pendidikan, 3(1). Https://Journal.An-Nur.Ac.Id/Index.Php/Unisanjournal

Mudiono, & Mudzakkir, M. (2025). Transformation Of Islamic Educational Management In The Digital Era: A Conceptual Study On Opportunities And Challenges Transformasi Manajemen Pendidikan Islam Di Era Digital. At-Tandhim | Journal Of Islamic Education Management, 1(1). Https://Journal.Stai-Nuruliman.Ac.Id/Index.Php/Tndm

Purwanto Adi. (2023). Digitalisasi Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2). Https://Doi.Org/10.30868/Ei.V12i02.3253

Safitri, R., & Dhea Fitriana, D. (2024). Model Kebijakan Pengembangan Dayah Berbasis Digital Di Al-Muslimun Islamic Boarding School. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (Jmpid), 6(2), 157–173.

Suaidi, Farid, & Sunarto. (2025). Technology-Based Digitalization Of Islamic Religious Education Digitalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi. Halaqa: Islamic Education, 9(2), 69–77. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V9i2.1734

Suhendi, S. (2023). Digitalization Of Islamic Education Curriculum: Optimization Of Technology For Learning Based On Islamic Values. Journal Of Social And Economics Research, 5(2). Https://Idm.Or.Id/Jser/Index.Php/Jser

Sutarsih, W., & Haryati, T. (2024). Peran Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2).

Zihan Fadilah, F., Rizanah, S., Yati Naga, F., Prayogi, G., Nur Azizah, S., & Nasor, M. (2025). Analisis Kebijakan Dalam Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(8). Https://Journal.An-Nur.Ac.Id/Index.Php/Unisanjournal




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i2.5117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.