Strategi Guru dalam Mengajarkan Pola Hidup Sehat Kepada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 064994 Medan

Muhammad Ihsan Sagala, Nuriza Dora, Nur Fadhilah Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengajarkan pola hidup sehat kepada siswa di SDN 064994 Medan, mengidentifikasi hambatan yang dialami siswa dalam menerapkan kebiasaan hidup sehat, serta mengukur sejauh mana siswa mampu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam membentuk kebiasaan hidup sehat siswa melalui pendekatan yang menyenangkan dan edukatif, seperti membiasakan siswa mencuci tangan, menjaga kebersihan diri, dan menerapkan pola makan sehat. Namun, masih terdapat beberapa hambatan, seperti kurangnya kesadaran siswa, pengaruh lingkungan, serta keterbatasan fasilitas pendukung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterlibatan aktif guru dalam membimbing siswa menjadi kunci penting dalam membentuk generasi sehat secara jasmani dan rohani sejak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Agustina Olo Asa, Swito Prastiwi, A. S. (2018). Hubungan Pengetahuan Anak Tentang Pola Hidup Sehat Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sekolah Dasar di SDN Merjosari 2 KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG. 3, 358–368.

Harahap, N. (2018). Pengaruh Kebersihan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN 101751. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018, 181–189.

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran (Hadion Wijoyo (ed.); Pertama, Nomor April).

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmah Muthia, 2018. (2018). Pendidkan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah dasar. 2(2), 89–95.

Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Salim. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif: Konsep, Praktik, dan Analisa Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sylvia, I Luh Agnes, dkk. (2021). Guru Hebat di Era Milenial (Jenri Ambarita (ed.); Pertama). CV. Adanu Abimata.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i2.5091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.