Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dengan Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Pada Siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan

Nadira Putri Wanda, Asbi Asbi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan Problem Based Learning dalam meningkatkan kematangan karir siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan. Metode penelitian ini mengguanakan kuantitatif eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Subjek penelitian terdiri dari 50 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (25 siswa) dan kelompok kontrol (25 siswa). Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa bimbimngan klasikal dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelompok kontrol hanya diberikan berupa layanan bimbingan klasikal biasa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket skla likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kematangan karir siswa pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 87,96 (kategori sedang) menjadi 130,76 (kategori sangat tinggi) pada posttest. Sementara pada kelompok kontrol terjadi peningkatan dari rata-rata 90,76 (sedang) menjadi 120,04 (tinggi). Uji Wilcoxon dan Kolmogrov-Smirnov menujukkan perbedaan yang signifikan terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p<0,05). Disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kematangan karir siswa.


Full Text:

PDF

References


Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru. Zanafa Publishing.

Karimuddin, A., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K., & Sari, M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pidie. Anggota IKAPI.

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karir : Teori Dan Strategi Memilih Jurusan Dan Merencanakan Karir. Yogyakarta. Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI).

Syamsidan, & Hamidah. (2018). Model Problem Based Learning. deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i2.4960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.