Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Kedisiplinan Tata Tertib Sekolah Siswa Kelas VII di Sekolah MTs Yaspi Labuhan Deli

Indis Muslikha, Jamila Jamila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah siswa kelas VII di MTs YASPI Labuhan Deli Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan siswa dalam mentaati tata tertib sekolah, seperti datang terlambat, tidak memakai seragam sesuai aturan, makan di kelas, dan tidak menjaga kebersihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test post-test control group. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VII-C yang dipilih berdasarkan rekomendasi guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji-t menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan klasikal terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah siswa. Dengan demikian, layanan bimbingan klasikal efektif dalam meningkatkan kesadaran dan sikap disiplin siswa dalam menjalankan aturan sekolah.


Full Text:

PDF

References


A. Irwansa. (2014). Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Makassar. Hlm. 2-3.

Abdurrahman Fathoni, Manajemen Sumber Daya Manuisa (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Ahmad Juntika Nurihsan, 2006, Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar belakang. Bandung:Refika Aditama.

Ahmad Juntika Nurihsan, dan Mubiar Agustin. 2013. Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan Dan Bimbingan. Bandung: PT Refika Aditama.

Amri, Sofan. 2016. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum Perwakilan Kelompok masing-masing. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Andi hakim nasution, (Pendidikan Agama dan Akhlak bagi Anak dan remaja cet ), (Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 2002) h.135.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto., Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi., 137 , Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Belawati, T. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

D Sumarno. 2008. Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah, Jakarta: C.V Jaya Abadi.

Depdiknas. 2007 No 40. Model dan Contoh Pengembangan Diri Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Puskur Balitban.

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hal. 148.

Hadianti, leli siti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis Di Sdn Sukakarya Ii Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 02; No. 01; 1- 8.

Khaeruman, Marnisasah, L., Idrus, S., Irawati, L., Farradia, Y., Erwantiningsih, E., Hartatik, Supatmin, Yuliana, Aisyah, N., Natan, N., Widayanto, mutinda teguh, & Ismawati. (2021). Meningkatkan Kinerja Sumber Daya Manusia:Konsep & Studi Kasus. Banten: CV. AA. RIZKY.

M Andi Setiawan Karyanti, Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah hlm 29 Adil Ka ’ Talino , Bacuramin Ka ’ Saruga , Basengat Ka ’ Jubata, 2019.

Muhammad Rifa’i, Sosiologi Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011). Mulyono (2000 :60-64). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: RinekaCipta.

Ningsih Wulandari Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, And Universitas Negeri Surabaya, “Siswa Smp Bimbingan Klasikal Bidang Karier Melalui Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Pada Siswa SMP A Bstrak 111 (2014).

Novan Ardy Wiyani, Managemen Kelas, (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), 86. Patmawati, S. (2018).

Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Pendidikan, 1(13), 1–16.

Rahmawati, Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta : Penerbit Gavamedia

Saiful Umam 2014. Penggunaan Teknik Modeling Dalam Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling IPI.

Santoso, D.B. (2011). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: Tanpa Penerbit

Santoso, Djoko Budi. 2011. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Malang: tanpa penerbit.

Siwabessy, L. B., & Sri Hastoeti. (2008). Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Jabatan Melalui Jalur Pendidikan: Praktik Bimbingan Klasikal. Jakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dan DIKTI Depdiknas, hlm 136.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Memoengaruhi, (Jakarta : Rineka Cipta, 2015), hal 40.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono, Metode Penelitian : (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D),(Bandung Alfabeta.2018), hlm 12.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D) ( Bandung:Alfabeta, 2015), 118.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, (Surabaya: Elkaf, 2014), hal. 148.

Tulus Tu’u, Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, (Jakarta: Grasindo, 2004), h 75.

Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, S., & Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3737–3743.

Winkel, W., & Hastuti, M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, edisi ketujuh. Yogyakarta: Media Abadi.

Yuni Nur Dinasyari, (2017), Tingkat Ketaatan Siswa Terhadap Peraturan Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Jatinom, Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, hlm.10.

Zaka Istifatun. (2020). Discipline Like Japanese. Klaten: Kaesar Media Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i2.4958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.