Penerapan Bimbingan Kelompok Melalui Digital Career Module Terhadap Minat Karir Peserta Didik Kelas VIII SMP Swasta AKP (Awal Karya Pembangunan)

Aulia Pratiwi Damanik, Khairtati Purnama Nst

Abstract


Layanan bimbingan kelompok  adalah upaya bantuan kepada siswa dalam suasana kelompok, melalui dinamika kelompok untuk mendapat kesempatan dalam mengembangkan diri, sikap, wawasan, pemahaman, dan nilai serta untuk memperoleh berbagai informasi yang berkaitan dengan peningkatan/tumbuh kembangnya literasi siswa yang dilaksanakan dalam empat tahap pelaksanaan yaitu: tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran dengan memperhatikan kondisi UCA (understanding, comfort, dan action).. Artinya peserta didik perlu memahami diri, seperti memahami kemampuan, potensi, bakat, minat, kepribadian dan prestasi. Pemberian layanan bimbingan kelompok dilaksanakan untuk membekali para peserta didik dengan pengetahuan tentang data dan fakta di bidang pendidikan sekolah, bidang pekerjaan dan bidang perkembangan pribadi sosial. Supaya peserta didik mampu mengatur dan merencanakan kehidupan sendiri. Adapun fokus masalah dalam penelitian adalah ini bagaimana mionat karir siswa melalui digital career module dalam bimbingan kelompok di SMP Swasta Awwal Karya Pembangunan Galang, apa saja hambatan dalam penerapan minat karir siswa di SMP Swasta Awal Karya Pembangunan, dan bagaimana cara mengatasi hambatan yang terjadi di SMP tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat karir siswa melalui digital career module dalam bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, informan dua puluh orang, diantaranya kepala sekolah, guru BK dan 15 orang siswa SMP Swasta Awal Karya Pembangunan Galang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep Mahdani, UB160203, Arfan Arfan, and Massuhartono Massuhartono.

“IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DALAM PENINGKATAN

KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA: STUDI DI

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 MUARO JAMBI.”

Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020. Accessed June 17,

http://repository.uinjambi.ac.id/3614/.

Arifianto, S., and Christiany Juditha. MEDIA DIGITAL DAN PERUBAHAN

BUDAYA KOMUNIKASI. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2019.

Arifianto, S. Praktik Budaya Media Digital Dan Pengaruhnya. Yogyakarta:

Aswaja Pressindo, 2018

Anggela, Era. “PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL UNTUK

MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA.” Thesis,

Universitas Negeri Yogyakarta, 2020

Amin, Safwan. PENGANTAR BIMBINGAN DAN KONSELING. 3rd ed. Banda

Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh Divisi Penerbitan, 2014

Ardana, Subagia, Nyoman. & Dharsana , I Ketut. & Suranata, Kadek. Penerapan Konseling

Karir Holland Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir

Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja. E-juornalUndiksa Jurusan Bimbingan

Konseling

Amti, Erman, dan Prayitno. 1999. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Adiputra, Sofwan. “PENGGUNAAN TEKNIK MODELING TERHADAP

PERENCANAAN KARIR SISWA.” Jurnal Fokus Konseling 1, no. 1

(January 27, 2015). Accessed November 20, 2021.

https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/70

Basri, A. Said Hasan. “URGENSI PENGGUNAAN TEKNOLOGI MEDIA

DALAM IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI

SEKOLAH.” Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling

Islam 1, no. 1 (March 1, 2018): 83–10.

Batubara, Hamdan Husein. Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakarya,

Batubara, Juliana. “Perkembangan Dan Pemilihan Karier Menurut Ginzberg Dan

Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Konseling dan

Pendidikan 1, no. 1 (2013): 43–47.

Daryanto, and Mohammad Farid. Bimbingan Konseling: Panduan Guru BK Dan

Guru Umum. Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2015

Fadli, Rima Pratiwi, Mudjiran Mudjiran, Ifdil Ifdil, and Berru Amalianita. “Peluang

Dan Tantangan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Era

Revolusi Industri 4.0.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 5,

no. 2 (2019): 102–108.

Fatimah, Siti. “Pendampingan Perencanaan Karir Dalam Meningkatkan Self

Efficacy Siswa SMK.” Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi,

Bimbingan dan Konseling 3, no. 1 (June 29, 2018): 1–11.

Hannani, Nabilah. “Pengertian WhatsApp : Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan

Kekurangannya,” n.d. Accessed June 23, 2022.

https://www.nesabamedia.com/pengertian-whatsapp/.

Handoko, Martin, and Theo Riyanto. BIMBINGAN DAN KONSELING DI

SEKOLAH. Yogyakarta: PT KANISIUS Anggota SEKSAMA (Sekretariat

Bersama) Penerbit Katolik Indonesia Anggota IKAPI (Ikatan Penerbit

Indonesia), 2010.

Hadi Sutrisno. 2005. Statistik Pendidikan, jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi Sutrisno. 2003. Metodologo Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.

Husini Usman, & Rija Mulia, 2014, Metodologi Penelitian Sosial, Identifikasi Prospek lapangan kerja Mahasiswa Lulusan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan komunikasi,

Lexy J Moleong. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Dede Rahmat, Wening Cahya Wulan, and Robbani Alfan. Karier: Teori

Dan Aplikasi Dalam Bimbingan Dan Konseling Komprehensif. 1st ed. Jawa

Barat: CV Jejak, anggota IKAPI, 2019.

Kushendar, Kushendar, Indra Lacksana, Nurul Enggar Permana, and Reni Yunita.

“Development Goals 2030: Teknologi Mudah Guna Dalam Bimbingan Dan

Konseling.” Bulletin of Counseling and Psychotherapy 1, no. 1 (March 1,

: 38–45.

Munandir. 1996. Program Bimbingan Karir di sekolah. Jakarta.

Masdudi. Bimbingan Dan Konseling Perspektif Sekolah. Revisi. Cirebon: Nurjati

Press, 2015.

Munir. PEMBELAJARAN DIGITAL. Bandung: Alfabeta, 2017.

Nengsih, Nengsih, and Sari Wardani Simarmata. “PENGEMBANGAN MODUL

BIMBINGAN KARIR BERBASIS PROBLEM SOLVING APPROACH

UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN ARAH

KARIR SISWA.” Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas

Asahan 0, no. 0 (December 10, 2019). Accessed June 28, 2021.

http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/828.

Nurihsan, Achmad Juntika. Bimbingan & Konseling Dalam Berbagai Latar

Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama, 2018.

Rahman, Fathur. “Modul Ajar Pengembangan Dan Evaluasi Program Bk.”

Yogyakarta: Universitas Yogyakarta (2012).

Rohmawati, Novia. “Kemandirian Siswa Dalam Merencanakan Karir Ditinjau Dari

Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir.”

Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application

, no. 2 (December 30, 2019): 67–73.

Sari, Kurnia, and Vella Auliya Istiqoma. “UPAYA MENINGKATKAN

KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER MELALUI BIMBINGAN

KARIR MEDIA MIND MAPPING.” Jurnal Wahana Konseling 2, no. 1

(March 28, 2019): 20–29.

Siti Hartinah DS, 2009. Komsep Dasar Bimbingan Kelompok, Tegal, Refika Aditama.

Sitompul, Lenia. “MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN

KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH

DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS

IX-1 SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN 2017-2018.” TABULARASA 15,no. 3 (December 30, 2018): 316–327.

Sugiyarto, Joko. “UPAYA MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR

PESERTA DIDIK KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SRAGEN

MELALUI BIMBINGAN KARIR DENGAN PENGGUNAAN MEDIA

MODUL.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 3

(2018): 275–284.

Suhertina. PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI

SEKOLAH. Pekanbaru: CV. MUTIARA PESISIR SUMATRA, 2015.

Suryahadikusumah, Ahmad Rofi, Kurniasari Kurniasari, Muhammad Ferdiansyah,

Syska Purnamasari, Arizona Arizona, and Endang Surtiyoni.

“MEMPERSIAPKAN KARIR SISWA DI ERA DIGITAL MELALUI

PEMAHAMAN TIPOLOGI KEPRIBADIAN DAN DUNIA KERJA.”

WIDYA LAKSANA 8, no. 2 (September 1, 2019): 119–124.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. 2007. bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta:PT. Radja Grafindo.

Zuriah Nurul. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i2.4956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.