PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB PADA SISWA DI SMP NEGERI 5 TANJUNG BALAI
Abstract
Penelitian ini berjudul, “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Pada Siswa Di SMP Negeri 5 Tanjung Balai” yang dilatarbelakangi ingin mengetahui peran guru BK dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa. Tujuannya adalah untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh siswa sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang kondusif, teratur dan terarah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatakan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru BK, dan 5 Siswa SMP Negeri 5 Tanjung Balai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yang telah diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwasanya : 1) Bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib yang terjadi SMP Negeri 5 Tanjung Balai adalah siswa datang terlambat ke sekolah dan tidak lengkap memakai atribut sekolah yang telah ditetapkan. 2) Faktor yang menyebabkan siswa melakukan pelanggaran disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal ini meliputi kurangnya motivasi siswa dan rasa malas yang ada dalam diri. Faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, teman sebaya dan Masyarakat. 3) Upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi pelanggaran tata tertib adalah dengan menyelenggarakan layanan bimbingan konseling kepada siswa. Salah satu layanan yang diterapkan adalah konseling individu. Guru BK juga menerapkan sanksi berupa poin, apabila siswa telah mencapai poin tertentu maka siswa mendapatkan Surat Peringatan.
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar : Syakir Media Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Arsaf , Nurul Asmi. 2016. Faktor Penyebab Pelanggaran Tata Tertib (Studi Pada Siswa di SMA Negeri 18 Makassar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Makassar.
Bakar, Abu dan M.Luddin. 2010. Dasar-Dasar Konseling;Tinjauan Teori dan Praktik. Bandung: Citapusta.
Corey, Gerald. 2013 Teori Dan Praktik Konseling &Psikoterapi. Bandung : PT Refika Aditama.
Febriani, Deni. 2011. Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: Teras.
Gazda dalam Prayitno. 2014. Indonesian Journal of Counseling & Development. Vol. 01, No. 01, Juli 2019, pp. 19-29.
Insyiroh, Lailatul. 2017. Studi Tentang Penanganan Siswa yang Terlambat Tiba di Sekolah oleh Guru BK SMA Negeri 1 Gresik. Jurnal BK UNESA, 7(1) : 1-8.
Juntika. 2006. Indonesian Journal of Counseling & Development. Vol. 01, No. 01, Juli 2019, pp. 19-29.
Kurniawan, Yusuf dan Ajat Sudrajat. 2018. Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 15.
Kusumaningrum, Desi Eri Djum Djum Noor Beauty, dan Imam Gunawan. 2019. Manajemen Peserta Didik: Suatu Pengantar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Kusumastuti, Adhi dan Ahmad M. Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang : Lembaga Pendidikan Sukarno PressIndo.
Lestari, Dwi Endro. 2014. Upaya Menangani Siswa Yang Sering Melanggar Tata Tertib Sekolah Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling. IKIP Veteran Semarang. Raja Grafindo.
Minarni. 2017. Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Membolos Pada Siswa SMK. Jurnal, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Moeleong, Lexy J. 2012. Meodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moloeng, Lexi J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moloeng, Lexi J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murdiyanto, Eko. 2020. Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.
Najati, Muhammad Utsman. 2005. Psikologi Dalam Al-Quran. Bandung : Pustaka Setia.
Nasution, Andi Hakim. 2002. Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja cet. 1. Ciputat: Logos Wacana Ilmu.Persada
Prayitno dan Amti. 2000. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno, dkk. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Asdi Mahasatya
Salim dan Sahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Citapustaka Media.
Sidiq, Umar dan M. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo : CV. Nata Karya.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan;Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komorehensif. Bandung: Alfabeta
Sukardi, Dewa Ketut.2008. Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tohirin. 2011. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah;Berbasis Integrasi. Jakarta: Rajawali Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i1.4563
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.