MANFAAT LAYANAN INFORMASI DAN PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MEMBACA ALQURAN DI KELAS VII MTS NEGERI 2 ASAHAN
Abstract
Upaya guru tidak mungkin dipisahkan dari tanggung jawabnya dalam mendorong siswa membaca Al-Quran. Selain itu, banyak dari anak-anak tersebut masih duduk di bangku sekolah dasar dan memerlukan bimbingan tambahan dari guru agama untuk membangkitkan minat mereka membaca Al-Quran. Instrumen yang digunakan peneliti dan metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa mengakui permasalahan-permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran Al-Qur'an seperti kurangnya semangat yang terlihat dari aktivitas selama pembelajaran Al-Qur'an, selain itu mereka juga melakukan kesalahan-kesalahan dan mendapat bantuan yang terbaik dari bimbingan guru konseling di sekolah. Minat membaca Al-Qur'an siswa semakin meningkat karena adanya informasi yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah. Minat ini melampaui Al-Qur'an, mencakup minat belajar lainnya yang akan membantu siswa menjadi teladan atau teladan yang baik di masa depan. Untuk meningkatkan semangat siswa dalam membaca Al-Quran, guru harus berupaya semaksimal mungkin, termasuk menyediakan sarana dan prasarana pendukung. Berkenaan dengan hal tersebut di atas, maka tugas seorang guru adalah menjadi pendidik yang berkompeten yang mampu mengajar dan mendorong siswa membaca Al-Qur'an.
Full Text:
PDFReferences
Arlina, A., Siagian, N. A., Pasaribu, Z. K., Nabilah, S., & Siregar, F. H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Anak-Anak di Taman Pendidikan Qur'an Aisyiyah. Journal on Education, 5(2), 3221-3227.
Hidayatulloh, R. (2023). Manajemen Program Bimbingan Mengaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-QurAn Peserta Didik Smk NUFA Citra Mandiri Depok Jawa Barat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Khoirurrizki, A. A., & Bustam, B. M. R. (2022). Analisis Rendahnya Minat Baca Al-Qur’an pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 47-59.
Lesmana, I., Haryanto, S., & Fuadi, S. I. (2024). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 311-324.
Nisa, I. K. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Siswa SD Negeri Tanambuah. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 237-251.
Opisia, S., & Syaifuddin, M. I. (2023). PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN DI MI AL-ISLAM 2, TANJUNGSARI, NGRESEP, NGEMPLAK, BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).
Ruhaya, B., & Lutfi, M. (2023). PERANAN PROGRAM TADARUS AL-QUR’AN DALAM MENANAMKAN MINAT BACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MAN 1 POLEWALI MANDAR. Inspiratif Pendidikan, 12(2), 597-618.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1356-1364.
Saepurrohman, A. A., & Fazani, A. (2023). Pengaruh Minat Membaca Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mulok Qur'an Hadits Kelas VIII Di SMP YAPI Al Husaeni. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam Dan Anak Usia Dini, 2(1), 27-38.
Syamsuriana, N., Anggerwati, A. I., & Hikma, N. (2022). Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME: Journal of Management, 5(3), 452-462.
Zahroh, L. A., Masnawati, E., Dzinnur, C. T. I., El-Yunusi, M. Y. M., Darmawan, D., Marfiyanto, T., & Ghozali, S. (2024). Pengabdian kepada masyarakat melalui peningkatan minat belajar mengaji Al-Qur’an anak usia dini. Masyarakat Mandiri: Jurnal Pengabdian Dan Pembangunan Lokal, 1(3), 21-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v4i2.4562
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.
LOKAKARYA







