Kajian Deskriptif Pendekatan Konstruktivisme Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Hijrah Hidayah Nasution, Machrani Adi Putri Siregar, Yulia Anita Siregar, Hasratuddin Hasratuddin, Bornok Sinaga

Abstract


Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran matematika mendorong siswa untuk mengaitkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan yang sudah mereka miliki. Sementara itu, melalui model kooperatif, siswa dapat berdiskusi, berbagi ide, dan saling mengoreksi pemahaman mereka. Beberapa manfaat dari penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran matematika meliputi peningkatan pemahaman konsep matematis. Siswa lebih mudah memahami konsep abstrak matematika ketika mereka bisa mendiskusikannya dan melihat perspektif teman-teman mereka. Meningkatkan keterlibatan siswa, yakni kerjasama dalam kelompok dapat memotivasi siswa untuk lebih terlibat aktif dalam proses belajar. Membantu siswa yang lebih lambat di dalam kelompok, dimana siswa yang kesulitan bisa mendapatkan bantuan dari teman-teman mereka, sehingga pemahaman konsep yang mereka dapatkan lebih meningkat. Dengan pendekatan konstruktivisme melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada materi Pengumpulan dan Penyajian Data kepada siswa Kelas IV SD Negeri 064014 Tahun Ajaran 2024/2025 terbukti dapat menanamkan pemahaman konsep matematis siswa dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.

Lutfiyah, M., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kemampuan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keleyan 4. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.

Suwito, M. P., & Meviana, I. (2015). Kajian Analisis Pembelajaran Konstruktivisme Melalui Penerapan Model Learning Cycle Terhadap Pembentukan Karakter Berpikir Ilmiah.

Trianto, S. P., (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i2.4184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.