Dampak Penerapan Aplikasi Edukasi Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa

Ilal Fajri, Martin Kustati, Rezki Amelia, Gusmirawati Gusmirawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kerinci. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Group Design. Sampel terdiri dari 20 siswa kelas VII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran tanpa aplikasi tersebut. Instrumen penelitian adalah soal pilihan ganda yang diuji melalui Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan hasil belajar antara kedua kelompok. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, dan perhitungan N-Gain Score menunjukkan peningkatan sebesar 76,27% pada kelompok eksperimen, dibandingkan 66,04% pada kelompok kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.


Full Text:

PDF

References


Alfikri, A. W. (2023). Peran pendidikan karakter Generasi Z dalam menghadapi tantangan di era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 21–25.

Asmawadi, A. (2021). Fun learning melalui media whatsapp pada pembelajaran jarak jauh untuk kelas 1 sekolah dasar. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10.

Aswir, A., Gunadi, R. A. A., Wathoni, M., Zaitun, Z., Mujtaba, I., & Mulyadi, M. (2020). Pelatihan digital assessment berbasis Kahoot dan Quizizz untuk guru-guru Sekolah Dasar Lab School FIP UMJ. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Cholik, M. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan quizizz sebagai alat pembelajaran interaktif di smk. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 428–435.

Darmawati, D. (2023). Integrasi dan manfaat tik dalam dunia pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 980–998.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pribadi yang islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.

Fadhillah, L., & Khairani, S. (2024). Game Cards Accounting Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Teknologi Digital Menuju Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI], 2(2).

Frisnoiry, S. (2024). Transformasi Pendidikan Menuju Literasi Dalam Era Globalisasi: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4(1), 53–63.

Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19–33.

Harmita, D., Nurbika, D., & Asiyah, A. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 114–122.

Insyafari, R. D. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mentimeter untuk Pembelajaran Teori Musik Anak Berkebutuhan Khusus:(Studi Kasus: SLB Negeri Surakarta). Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 322–339.

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: Peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Khairunnisa, F., Mulyani, P. S., & Kamal, F. (2024). Implementasi Media Digital Berbasis Quizizz Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Wonosobo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 121–130.

Kolaka, W. (2018). Komponen evaluasi pembelajaran bidang studi pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(1), 33–52.

Laswi, A. S., Arifin, R., & Hamzah, M. A. (2023). Aplikasi Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktik.

Muamalah, R. F., Putra, D. A., & Faradita, M. N. (2023). Penerapan Aplikasi Game Quizziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 5(3), 7084–7095.

Munawaroh, F., & Yusuf, A. (t.t.). APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI).

Nasution, Y. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 336–344.

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan di era digital. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Nurfitriani, O., Aziz, N., & Nugroho, M. Y. A. (2023). Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka di MTs Al Ishlah Pageruyung Kabupaten Kendal. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan), 3(1).

Priyanto, D. (2014). Pemetaan Problematika Integrasi Pendidikan Agama Islam 222 Dengan Sains Dan Teknologi. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(2), 222–240.

Purwanto, A. (2023). Digitalisasi Era 4.0 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535–550.

Rasman, R. (2021). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid 19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 118–126.

Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.

Setyorini, N., Sholeh, K., Santoso, S. D., & Faizah, U. (2023). Pelatihan pembuatan media ajar quiziz dan komic digital dengan aplikasi comic life 3/5/15 full version bagi guru paud, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 67–77.

Silfiyah, K. (2021). Transformasi pendidikan islam anak di sekolah dalam perspektif psikologi di era revolusi industri 4.0. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(2), 120–128.

Solehah, F. (2023). IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH. Journal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i2.4074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.