TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN: ANALISIS TANTANGAN DAN PERLAWANAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstract
Transformasi merupakan suatu hal yang nyata akan dihadapi, termasuk pada madrasah sebagai salah satu Lembaga pendidikan yang memiliki ciri tersendiri. Efektivitas proses transformasi berdampak pada eksistensi madrasah dalam memenuhi tuntutan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses transformasi, tantangan dan perlawanan yang muncul pada proses transformasi madrasah. Metode kualitatif menggunakan teknik survei deskriptif. Peneliti melakukan observasi ke lapangan yang bersifat partisipatif. Hasil penelitian menemukan bahwa pemahaman pengelola perubahan pada proses perubahan, adanya tantangan dan perlawanan pada proses transformasi madrasah berimplikasi pada efetivitas perubahan organisasi. Proses transformasi melalui tahap akhir, tahap netral dan tahap awal. Tantangan pengelola madrasah dalam transformasi adalah meredam penolakan perubahan, meminimalisir ketidak sinkronan dan ambiguitas visi perubahan. Faktor terjadinya perlawanan perubahan pada dasarnya berasal dari faktor emosional individu.
Full Text:
PDFReferences
B, M., Ali Yusuf, F., Suheti, & Agustina. (2024). Mengatasi Resistensi Terhadap Perubahan Dalam Wawasan,Intervensi Dan Strategi Untuk Adaptasi Organisasi. Economic and Business Management International Journal, 4(1), 169–177.
Caron, J., & Markusen, J. R. (2016). 済無No Title No Title No Title.
Daft, R. L. (2013). Management(11th ed.). Cengage Learning.
Efendi, N. (2013). Manajemen perubahan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Multisitus Pada Pondok Pesantren di Tulungagung. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ernita Dewi. (2012). Transformasi Sosial Dan Nilai Agama. Jurnal Imlu-Ilmu Usuluddin Dan Filsafat, 128, 112–121.
Hamid, A., & Muadin, A. (2024). Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Balikpapan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 77–83.
Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., & Pahliana, S. (2024). Strategi Mengatasi Resistensi Terhadap Perubahan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Terhadap Praktik Manajemen. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(1), 178–186.
Hidayah, N., Patimah, S., & Subandi. (2023). Transformasi Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 07. http://dx.doi.org/10.24127/att.v6521a2366
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. Sage.
Jambak, A. M., Lase, D., Telaumbanua, E., & Hulu, P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi resistensi pegawai terhadap perubahan organisasi di Kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli. Tuhenori: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 22–37. https://doi.org/10.62138/tuhenori.v1i1.8
Kamal, F. (2018). Transformasi Pendidikan Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Abad 21. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 17–30.
Karwono, H., & Susetyo, B. (2021). PETA MUTU SATUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA (Studi Pilotting Project akreditasi 2020). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(1), 1–10. https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i1.434
Kosasih, E., Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., Husein, M. H., & Musadad. (2024). Literature Review: Manajemen Perubahan, Tantangan Perubahan dan Model Perubahan. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Dan Teknologi (JUMAKET), 1(2), 30–39.
Kotter, J. (2002). The Heart of Change, Harvard Business School. Harvard Business School Press: Boston.
Kustiwi, I. A., Alif, F. A. N., & Ridho, M. W. (2024). Meningkatkan Transparansi dan Akurasi Melalui Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi. WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 1–9.
Laihad, R. A., Lengkong, V. P., & Saerang, R. T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mnyebabkan Resistensi Dalam Proses Perubahan Organisasi Di Otoritas Jasa Keuangan Sulawesi Utara, Gorontalo Dan Maluku Utara Di Manado Analysis of Factors That Cause Resistance in the Process of Organizational Change in the Fin. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisinis Dan Akuntansi, 7(1), 531–540. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/22442/22135
Manah, M. (2023, June 1). Fenomena Merger SD di Bekasi, Bukti Kualitas Pas-pasan? Bakabar.Com.
Maskuroh, L. (2023). Transformasi Sosial di Lembaga Pendidikan dan Dampaknya pada Masyarakat. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 131–140.
Mustofa, A. (2019). Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Pesantren Fatḥul ‘Ulūm Kwagean Kediri. IAIN Ponorogo.
Nadler, D. A., & Thusman, M. L. (1983). A General Diagnostic Model for Organizational Behavior. MacGraw Hill.
Nurdin, A., Arifin, S., & Humaidi, M. N. (2024). A Systematic Literature Review: Tren Kebijakan Transformasi Lembaga Pendidikan Tinggi Keagamaan di Indonesia. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(1), 205–218.
Nurudin, L., & Murti, A. W. (2023). Transformasi Organisasi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Persaingan Global: Telaah Transformasi IAIN Surakarta Menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3(1), 14–23.
Riwayanto, I. S., Hayadi, B. H., & Yusuf, F. A. (2024). Implementasi Konsep Perubahan Organisasi Menurut Kurt Lewin Dalam Konteks Sekolah Menengah Pertama Dalam Tinjauan Terhadap Tantangan Dan Strategi …. Technical and Vocational …, 4(1), 1–10. https://www.mand-ycmm.org/index.php/taveij/article/view/648%0Ahttps://www.mand-ycmm.org/index.php/taveij/article/download/648/711
Rizal, A., Kahfi, S. N., & Prasetyono, H. (2023). Manajemen Perubahan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Adaptasi Organisasi. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 933–941.
Rusilowati, U. (2022). ORGANISASI PEMBELAJARAN. Cipta Media Nusantara.
SA’IDU, N. (2021). DIFUSI INOVASI MANAJEMEN PERUBAHAN MODEL KURT LEWIN PADA MADRASAH DENGAN PENDEKATAN PRINSIP TRINGA. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(4), 337–347. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i4.611
Samsudin. (2019). Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren Di Era Disrupsi. Conference on Islamic Studies (CoIS), 225.
Setyaji, A. D., Ihsania, C., Permatasari, D., Sari, E. K., Septiana, H. S., Ibrohim, M., Pratomo, N. A., Hidayanti, N., Paryanto, Anggraeni, S., Torikha, Sopyandana, Y., Putri, Y. M., & Yuliani, S. (2022). Perubahan dan Pengembangan Organisasi.
Siregar, F. A. (2017). Membangun Loyalitas Tenaga Pendidik. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 1(1), 117–128.
Siregar, F. A., & Prasetyo, M. A. M. (2023). The innovation of pesantren development in aceh province through the effectiveness of organizational culture. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(1), 174–187.
Sugandi, L. (2013). Dampak Implementasi Change Management pada Organisasi. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 4(1), 313. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i1.2743
Wartono, T. (2024). Manajemen Perubahan Organisasi: Strategi Efektif dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4086–4092.
Wilkinson, A., Bacon, N., Redman, T., & Snell, S. (2010). The SAGE handbook of human resource management. In The SAGE Handbook of Human Resource Management. https://doi.org/10.4135/9780857021496
Young, M. D., & Crow, G. M. (Eds.). (2016). Handbook of Research on the Education of School Leaders. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315724751
Zuhruf, A. (2024). Transformational Leadership: Peran Pimpinan Dalam Transformasi Tata Kelola Kearsipan di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara. Jurnal Good Governance, 67–79.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i2.3859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING
Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.