MENINGKATKAN KESADARAN BELAJAR SISWA MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH

Zeani Chi Nurvita Sembiring, Uli Makmun Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran bimbingan belajar dalam meningkatkan kesadaran belajar siswa di sekolah. Kesadaran belajar menjadi kunci penting dalam memperoleh hasil belajar yang optimal. Melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, data dikumpulkan dari siswa yang mengikuti program bimbingan belajar di sebuah sekolah menengah. Analisis data dilakukan melalui proses kodifikasi dan kategorisasi, yang menghasilkan temuan bahwa bimbingan belajar dapat signifikan meningkatkan kesadaran belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa bimbingan belajar tidak hanya memberikan dukungan akademis, tetapi juga membantu siswa memahami cara belajar mereka sendiri, mengenali kekuatan dan kelemahan mereka, serta mengembangkan strategi belajar yang efektif. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya integrasi bimbingan belajar dalam kurikulum sekolah untuk meningkatkan kesadaran belajar siswa dan memperkuat kualitas pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Abas, E. (2017). Menuju Sekolah Mandiri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Abdilah, R. (2020). Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Menurunkan Prilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas XI IPS 1 Di SMA AL - Huda Jatiagung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019-2020 (Tesis doktoral, UIN Raden Intan Lampung), 01(01), 32–58.

Agus, G., Putra, D., Suarni, N. K., & Wmp, D. A. (2014). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modelling Untuk Mengoptimalkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2021/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–10.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2018). Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.29210/1100

Azizah, N. (2017). Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 (Tesis doktoral, UIN Raden Intan Lampung), 192(4), 121–130.

Bariyyah, K., Hastini, R. P., & Wulan Sari, E. K. (2018). Konseling Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Konselor, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/02018718767-0-00

Billiny, A. S. (2019). Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Modeling dan Enactive Mastery Experience Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dalam Pengambilan Keputusan Karir. (Tesis doktoral, Universitas Negeri Semarang).

Hikmawati, F. (2017). Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.

Irianto, Y. B. (2017). Kebijakan Pembaharuan Pendidikan: Konsep, Teori dan Model. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Istiqomah, & Sulton, M. (2021). Sukses Uji Kompetensi Guru Niaga Swadaya. Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2017). Modul Suplemen Materi Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah 2018, Seluk-beluk Profesi Guru. Bandung: Pribumi Mekar.

Kusnandar. (2017). Guru Profesional. Yogyakarta: Rajawali Press.

Prayitno. (2021). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rinika Cipta.

Prahesti, Y., & Wiyono, B. D. (2017). Pengembangan Website Konseling Online Untuk Siswa Di Sma Negeri 1 Gresik. Jurnal Bk Unesa, 7(3), 144–154.

Rusnayanti, A., Gading, I. K., & Sedanayasa, G. (2018). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modelling dan Self Management Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jibk.v4i1.7549

Sadewi, A. I. (2018). Pengembangan Model Konseling Kelompok Simbolik Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 94–120.

Sudani, & Suarni. (2021). Penerapan konseling eksistensial humanistik teknik pemodelan untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 1(1), 12–36..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.