PENGEMBANGAN DESAIN STRETEGI PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI YAYASAN PUTRA IDHATA KABUPATEN MADIUN

Choirun Nisa, Lora Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait pengembangan desain kegiatan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di Yayasan Putra Idhata Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi di sekolahan SLB Putra Idhata. Dengan menggunakan metode tersebut, peneliti dapat mengetahui pengembangan desain pembelajaran di Yayasan Putra Idhata Kabupaten Madiun bahwasannya dengan kapasitas peserta didik berkebutuhan khusus yang berbeda dengan sekolah pada umumnya sehingga dalam sistem pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Dengan katergori siswa di Yayasan Putra Idhata Kabupaten Madiun terdiri dari siswa tunarungu, tunagrahita, dan tunanetra dengan cara pembelajaran yang berbeda seperti halnya bagi siswa tunanetra secara individual jadi guru menghampiri meja siswa kemudian menggunakan strategi kooperatif, dan modifikasi perilaku. Untuk anak tunarungu melalui dua pendekatan yaitu pendekatan komunikasi berupa verbal dan nonverbal. Sedangkan anak tunagrahita strategi pembelajaranya dengan cara cooperative learning, introduction, dan peer tutorial. Dengan didirikannya Yayasan Putra Idhata Kabupaten Madiun menjadi layanan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan pendidikan khusus bagi ABK mampu mengenyam pendidikan selayaknya dengan teman sebayanya tanpa adanya diskriminasi antar warga sekolah.


Full Text:

PDF

References


Agustin, I. (2019). Permasalahan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di SDN Se Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Elementary School Education Journal, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3104

Amka. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. In Dr.H.Amka, M.si (Vol. 5, Issue 3).

Bram, D. (2023). Sekolah Inklusi Masih Timpang: Sulit Cari Guru Pendamping, Diangkat Guru BK. RadarSolo.

Cahyono, G. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAI Berbasis Media Visual Bagi Anak Tuna Rungu. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(1), 81–98. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i1.850

Dasmiah. (2021). Model Manajemen Pelayanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Deepublish.

Dra. Maria Sinta Erdina, M. P. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunanetra. Journal Education, 2016.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Gunawan, D. (2008). Modul Guru Pembelajar Slb Tunarungu Kelompok Kompetensi a. Pppptk Tk Dan Plb Bandung, 2016.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Mirawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 110 Jakarta. In JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) (Vol. 6, Issue 1).

Insani, M. T., & Hartono, W. (2017). Media Abacus Terhadap Kemampuan Mengenal Operasi Hitung Bilangan Matematika Siswa Tunanetra di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–6.

james A banks, C. A. M. B. (2013). Multicultural Education : Issues and Perspectives.

Julak, J. (2021). THE USE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MODELS IN INCREASING CIVIC EDUCATION ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES IN CLASS XI OF TUNARUNGGU IN SLB NEGERI 2 BANJARMASIN. November.

Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pend Bagi Siswa Tuna Netra. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 04(08), 1044–1060. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/77/0

Lisdiana, A. (2019). PROFIL KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Jipsindo, 6(2), 112–130. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28398

Lucky Putri Ramadhani, Razela Regina Putri, Vania Destriyanti, N. F. (2022). Analisis Strategi Pembelajaran Bagi Anak Tunagrahita Di Slb B-C Flora Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin V (SNIPMD V) 2022 ANALISIS, Snipmd V, 29–32.

Maulida, D. K. (2017). Bahasa Isyarat Indonesia Di Komunitas Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 61–63. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/48732/1/DIYAH KARDINI MAULIDA - FDK.pdf

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (1987). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Publications Thosand Oaks.

Ni’mah, N. U., Istirohmah, A. N., Hamidaturrohmah, & Widiyono, A. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 3(3), 345–353. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4823

Pudjiarti, E. S. (2023). Pembelajaran Kooperatif : Pendekatan Efektif untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Prestasi Akademik. In Badan Penerbit Stiepari Press. https://badanpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/view/127%0Ahttps://badanpenerbit.stiepari.org/index.php/stieparipress/article/download/127/140

Rahmaeni, A. (2017). Pembelajaran Teater Pantomim Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus B (Tunarungu) Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar Sentra Pendidikan Khusus Layanan Khusus (Vol. 4, Issue 1).

Rohmat, G. (2017). Penyesuaian Diri Anak Tunanetra Di Smp Ekakapti Karangmojo Dan Slb Bakti Putra Ngawis. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(3), 252–266.

Rohmatrismaysi, E. W., & Harmanto. (2017). STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SLB CENDEKIA KABUH-JOMBANG Harmanto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 05(1), 166–180. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/18298/16680

Sa’diyah, S. N. R. (2019). Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Anaktunaganda-Netra Di Yayasan Mitra Netra Jakarta Selatan. In Skripsi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/49279/1/SITI NUR RACHIMATUN SA%27DIYAH-FDK.pdf

Sari, S. N., Nurhajri, Andriani, O., & Wicaksono, N. F. (2023). Problematika Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1759

Setiawan, I. (2020). A to Z Anak BerkebutuhaN Khusus. CV Jejak.

Sudana, I. M., Sudarsana, I. K., & Setyaningsih, . (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Hindu Di Sekolah Luar Biasa C Negeri Bangli. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 208. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.575

Uyun, K., Astuti, R. D., Ningsih, T. W., & Nofridayana, K. (2024). Pengelolaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Kelas Inklusi. 2(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.