LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Sabhilla Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan, Jalan Irian Barat, Desa Sampali No 37, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas X SMA Negeri Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas X SMA Negeri Percut Sei Tuan. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah peneliti bekerja sama dengan guru BK. Dan yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 8 siswa yang memiliki kriteria permasalahan terkait komunikasi antar pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi data yang peneliti lakukan dapat disimpulkan: Layanan bimbingan kelompok adalah solusi yang tepat untuk menangani masalah komunikasi antar pribadi. Karena mengingat masalah tersebut menuntut berkembangnya kemampuan sosialisasi siswa, dan layanan yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah layanan bimbingan kelompok. 


Full Text:

PDF

References


Eddy, Wibowo Mungin. 2005. Bimbingan dan Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Prayitno, Prayitno dan Erman Amti. 1995. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan & Rineka Cipta.

Salim. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Widjaja, A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta

Wiryanto, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.