UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR SISWA DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA SEMANGAT SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) GENERASI BANGSA MEDAN LABUHAN

Iswan Hadi Parinduri, Ramadhan Lubis, Mohammad Al Farabi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika atau maslah pokok kurangnya motivasi belajar siswa di sekolah SMP Generasi Bangsa Medan Labuhan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat upaya dan faktor pengahambat dan pendukung guru bimbingan dan konseling memotivasi semangat belajar siswa dalam mengatasi problematika siswa si sekolah SMP Generasi Bangsa Medan Labuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawacara dan dokementasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMP Generasi Bangsa Medan Labuhan yaitu satu orang. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling memotivasi siswa yang diberikan kepada siswa adalah dengan memberikan perhatian, dorongan, pengahrgaan. Motivasi yang diberikan siswa dengan hadiah, memberikan persaingan dalam belajar, melaksanakan bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal untuk memberikan pengetahuan mengenai belajar itu penting untuk mencapai cita-cita. Dan faktor pendukung dalam memberikan memberikan motivasi siswa adalah adanya peran orang tua, minat dan keinginan siswa dan adanya peran pihak sekolah. Faktor penghambat adalah masih kurangnya kepedulian siswa dalam belajar, siswa bermalas-malasan dan kurangnya perhatian dari orang tua.

Full Text:

PDF

References


Hasanah, Aan, 2012. Pengembangan Ptrofesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia. Abnisa, Pratama Almaydza, 2017. Konsep Pendidik dan Peserta Didik Dalam

Persfektif Al-Qu’an. Vol. 18 Oktober.

Al-Maroghi, Ahmad Mushafa, 1946. Tafsir Al-Maroghi, Kairo: Mushafa Al-Bab Al-Halab.

Bachri, Bacthiar S, 2010. Menyakinkan Vasiditas Data Melalui Triangulagi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologin Pendidikan 10 (1).

Bambang Sunggono, 2002, Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT Raja Grindo Persada.

Burhan Bungi, 2012, Metodeologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Dapertemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat

Bahasa. Jakarta: PT Gramendia Pustaka Utama.

Dewa Ketut Sukardi & Nila Kusmawati, 2008. Proses Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Imam Wahyudi, 2012. Mengajar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka. Irzum Fahira, 2013. Peran Bimbingan dan Konseling islam Dalam Membangun

Jalan Keberagaman Anak Jalanan: STAIN Kudus.

Lexy J. Moleong, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lid Rahma Dini, 2021. Bimbingan dan Konseling. Padang Indonesia Lubis, Ramadhan, 2019. Psikologi Agama. Medan: Perdana Publidshing.

Muhammad Taufik Firdaus & N Nurjannah, 2023. Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemo covid-19 Melalui Intervensi Bimbingan dan Konseling Al-Isyiraq.

Nana Syodih Sukmadinata, 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam Praktek Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: Maestro.

Pupuh Fathurrahman & Aan Suryana, 2012. Guru Profesional. Bandung: PT Refika Adtama.

Sardiman, 2018. Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar. Depok : Rajawali Pers.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto,2010. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Yokyakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Cet. 10. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrapta, 2012. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers Sutanto, Ahmad dkk, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya.

Tarmizi, 2018. Bimbingan dan Konseling Islam Medan: Perdana Publishing.

Tohirin,2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. jakarta: PT Raja Grafindo Persda.

W. Gulo, 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

W.S Wingkel,1997. Bimbingan dan Konseling di Intitusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.