PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTS SWASTA AL- JIHAD MEDAN

Ramadhan Lubis, Purbatua Manurung, Suci Andini Abbas Siregar

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Peranan Guru Bimbingan Konseling Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Swasta. Al-Jihad Medan”. Penelitian ini menggunakan metode Qualitatif, dengan cara wawacara dan observasi ketempat. Untuk mendapatkan informasi data, Peneliti mewawancarai guru BKI, Kepala sekolah dan siswa-siswi Mts Swasta Al-Jihad Medan. Bimbingan Konseling Islam sangat berperan dalam pembentukan karakter anak, dengan memberikan motivasi dan nasehat yang baik kepada anak. Hal yang menjadi faktor berhasilnya suatu pendidik ialah membentuk karakter anak ke arah yang lebik baik. Dalam memberi layanan bimbingan konseling Islam, guru BKI selalu memberikan waktu untuk anak untuk menceritakan masalah yang sedang dihadapi. Guru BKI juga selalu memperhatikan tingkah laku anak dan perkembangan anak.


Full Text:

PDF

References


Desi Pristiwant. (2022). Jurnal pendidikan dan konseling: pengertian konseling: Universitas Pahlawan. Vol 4 No 6

Djunaidi Ghony. (2016). Desain pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural. Diktat belum diterbitkan.

Earl V. Pullias and James D. Young. (1968). A Teacher is a Many Things. Bloomington and London: Indiana University Press.

Gary Flewelling and William Higginson. 2003. Teaching with Rich Learning Tasks. Adelaide: The Australian Association of Mathematic Teacher.

Hamalik, U. (1999). Pendidikan Guru, Konsep dan Strategi. Bandung: Maju Mandar.

Jamil Suprihatiningrum. 2016). Guru Profesional: Pedoman Kinerja dan Kompetensi Guru. Jogyakarta: Ar Ruzz Media.

Makmur, Syamsuddin. (2000). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. (1995) Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar. Oemar Hamalik. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rama Yulis dan Samsul Nizar (2009). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Riyanto, T. (2002). Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: Grasindo.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sahertian, P. A. (1994). Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset. Sanusi, A. (1991). Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional

Salim & Bahreisy Said. (2006). Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsier Singkat 6. Surabaya, PT. Bina Ilmu.

Semiawan, C. R. (1991). Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XX1. Jakarta: Grasindo

Silalahi, T. (1994). Kepemimpinan Guru dalam Proses Belajar Mengajar di SMEA Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. IKIP Jakarta.

Sudrajat, H. (1991). Masa Depan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: ISPI. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Jakarta. 2012

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tenaga Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.