IMPLEMENTASI LAYANAN ADVOKASI DALAM MENGATASI KASUS SENIORITAS DI SMA NEGERI I BABALAN

Zulvira Khairunisya Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Untuk Mengetahui Implementasi Layanan advokasi yang diberikan Guru BK dalam mengatasi kasus senioritas di SMA Negeri I Babalan. 2. Untuk Mengetahui latarbelakang kasus senioritas di SMA Negeri I Babalan. 3. Untuk mengetahui bentuk penanganan yang dilakukan Guru BK dan pihak Sekolah dalam mengatasi kasus senioritas di SMA Negeri I Babalan. Metode penelitian yang di gunakan di penelitian ini adalah Metode Penelitian Kualitatif, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil temuan penelitian adalah: 1). Guru BK telah memberikan layanan advokasi kepada siswa yang terlibat dalam kasus senioritas. 2). Kasus senioritas terjadi diakibatkan jenjang perbedaan usia yang berbeda dan keadaan psikologis siswa. dan 3). Guru Bk dan pihak sekolah saling berkoloborasi Untuk mengatasi kasus senioritas dan memberikan bimbingan kepada siswa ke pertiap kelas serta melakukan tindakan preventif untuk mengatasi kasus senioritas.


Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. 2018. Psikologi konseling islam Rajawali pers Depok Jakarta.

Amalianita Berru, dkk. 2021. Layanan Advokasi dalam bimbingan dan konseling”, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), Vol.6, No. 2.

Andinipratiwi, 2012. Skiripsi senioritas dan perilaku kekerasan dikalangan siswa (studi kasus SMP PGRI 1 Ciputat Tangsel), Universitas Islam negeri syarif Hidayatullah.Jakarta.

Bachri. S Bahtiar. 2010. Meyakinkan Validitas data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif”, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 10 No. 1.

Gantina komalasari dkk, 2017. Model hipotetik layanan advokasi bimbingan dan konseling pada kasus pelecehan seksual kelompok mikro system di smp negeri kota bekasi, Jurnal bimbingan dan konseling.Vol 6.

Harahap, Nursapia, 2020. Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Wal ashri Publishing.

Jarkawi, Madihah Husnul, Rusliana. 2023. Manajemen Implementasi Layanan Advokasi Bimbingan di Pondok Pesantren Modern Al Furqon Banjarmasin”, Jurnal Terapung: Ilmu-ilmu Sosial, Vol 5, No 1.

Khoirunnisaa’, Sulistiyorini. 2021. Perilaku Individu Dalam Lembaga Pendidikan Islam. STAI Madiun, IAIN Tulungagung.

Maisandra Helena Lohy, dkk. 2021. Kekerasan dalam senioritas di lingkungan sekolah, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol 5 No 1.

Mardianto, 2012. Psikologi pendidikan landasan untuk pengembangan strategi pembelajaran. Medan: Perdana Publish.

Muhaimin, 2012. Paradigma Pendidikan Islam:Upaya Pengefektifan PAI diSekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, Fattah Abdul, 2023. Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: CV. Harfa Creative.

Prayitno, Erman Amti. 2004. Buku dasar dasar bimbingan konseling, Jakarta: penerbit rineka cipta.

Sarlito W.sarwono, 2013. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawalipers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.