PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGENAI NILAI, NORMA DAN MORAL TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PADA KELAS VII SMP NEGERI 2 ANGKOLA SANGKUNUR

Azizah Harahap, Khairuddin Khairuddin, Sri Wahyuni

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memiliki sikap kedisiplinan di sekolah tersebut serta kurang kepedulian terhadap peraturan tata tertib di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan informasi mengenai nilai, norma dan moral terhadap kedisiplinan siswa SMP Negeri 2 Angkola Sangkunur. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan desain one-group pre-test dan post-test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Sangkunur berjumlah 70 dengan jumlah sampel 23 siswa. Teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan  angket yang terdiri dari 40 item dengan instrumen penelitian (angket) sebanyak 40 tersebut sudah di tes validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan informasi mengenai nilai, norma dan moral terhadap kedisiplinan siswa pada kelas VII SMP Negeri 2 Angkola Sangkunur. Penelitian ini memberikan makna bahwa melalui layanan informasi mengenai nilai, norma dan moral dapat memiliki kedisiplinan yang baik. Kesimpulan dibuktikan melalui hasil perhitungan hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung  sebesar 0,424 dari nilai t_tabel untuk taraf nyata 5% yaitu 13,755 > 0,329 artinya terdapat pengaruh signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang ditegakkan oleh peneliti telah teruji kebenarannya.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas . (2003). Undang-undang RI No. 20 tentang sistem pendidikan nasional.

Ayatullah. (2020). Pendidikan Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 2 (2)

Zainal. (2012). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya

Elwijaya, F dkk. (2021). Sistem, Nilai, dan Norma dalam Pendidikan Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1)

Hatmoko, J.H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education,Sport, Health and Recreation, 4 (4)

Hikmawati. (2011). Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi, Jakarta: Balitbang.

Huda, N. (2019). Penanaman Nilai-nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12 (2)

Imanda, S. G. (2020). “Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Pemahaman Karakteristik Diri Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Tahun Pelajaran 2019/2020”, (Medan: Skripsi)

Imran. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara

Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.– Indonesian Journal on Software Engineering, 5 (1), 19-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.