PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 PANYABUNGAN UTARA

Wulan Sari Dalimunthe, Syaukani Syaukani, Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan observasi adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMA N 1 Panyabung Utara tahun ajaran 2022/2023. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu bimbingan kelompok dan kemandirian belajar. Hipotesis: terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMA N 1 Panyabung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Panyabung Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X IPS-1 dan X IPS-2 yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive smpling artinya teknik pengambilan sampel didasarkan pada pertimbangan tertentu. Metode yang digunakan adalah metode Quasi-Experimental yaitu dengan mengadakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan berkas mengenai kemandirian belajar siswa menggunakan angket. Hasil kuesioner yang telah diisi responden dianalisis menggunakan teknik statistik hingga rumus persentase, uji validitas, uji hipotesis dan uji reliabilitas. Setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok pada kelas eksperimen, ternyata terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMA N 1 Panyabung Utara yang berada pada kategori “Kuat”.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Astuti,E.P. (2015), JPSE: Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP/Mts di Kecamatan Prembun 65.JPSE.65-67.

Astuti, Dwi R. 2015. Teknik Modeling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Daryanto, Farid. (2015). Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Gava Media.

Effendi,dk,(2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1),17-23.

Fatma Nailul, Pengaruh Penerapan Literasi Digital Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Masa Covid-19 Siswa Kelas IXSMP NU Suruh Tahun Pembelajaran 2020/2021. Skripsi Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Harriman, (2017). ”Berfikir Kreatif.” Journalof Chemical Information and Modelling. 53(9):1689-99.

Huda, Miftahul, (2015). CooperativeLearning-Metode, Teknik, Strutur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Irfan Sugianto,dkk.(2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol.1,No.3

Istarani. (2014) Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Kurniawan,H.R.,&Malang,U.N. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project BasedLearning Dan Think Pair ShareBerbantual Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMK N 3 Malang HakkunElmunsyah, Muladi. Jurnal Pendidikan, 3 Nomor 2,80-85.

Nahdliyati,dkk, (2016). Efektivitas Pendekatan Saintifik Model Project BasedLearning, UnnesScienceEducationJournal, 5(2),1227-1234.

Narti,S, (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi,I,D.,& Laksmiwati,H, (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA N X. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan,7(1),43-49.

Prayitno, (2013). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta.

Priyatno, Duwi, (2014). Mandiri Belajar Analisis Data Denggan Spss. Yogyakarta : Mediakom.

Puspawan,Y,E,&Soesilo,T,D, (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Mimbar Ilmu,24(1),1-6.

Putri Harahap,A.C. (2021) Prosedur Kelompok Dalam Konseling, Yogyakarta: Diandra Kreatif

Rijal,S. & Bacthiar.s. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa, Jurnal BIOEDUAKITA,3(2),15-20.

Rohmat,A. (2014), Analisis Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Rangkaian Listrik Di SMK N 1 Cimahi.

Setiyadi, A,G., & Sutama, (2015), Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika Melalui Strategi DiscoveryLearning Pada Siswa SMP.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Renika Cipta.

Thomas,Basri. (2014). Indikator Kemandirian Belajar. Jurrnal Bimbingan dan Konseling.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Jurnal Pendidikan.Vol.67Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.