UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA

Nurhayani Nurhayani, Ira Suryani, Siti Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru Bimbingan Konseling dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling dan siswa yang mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan tema kepercayaan diri. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Bimbingan konseling dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa melalui layanan bimbingan kelompok mampu mengembangkan kepercayaan diri siswa walau tidak secara signifikat, sedikit banyaknya siswa sudah menunjukkan perubahan dalam dirinya untuk lebih percaya akan kemampuan dirinya.

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar M. Luddin. 2009. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Kegiatan Bimbingan Dan Konseling

Ade Chita Putri. 2021. Prosedur Kelompok Dalam Konseling. Yogyakarta : Mirra Buana Media

Arifin, M Supono.2020. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII C MTSN 1 Banyuwangi. Jurnal Cendika, Vol. 1 No. 2

Ego Andrian dan Suhertina. 2022 . Upaya Guru Bimbingan Konseling Islam dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja. Jurnal Proceeding ICIEGC

Hurlock, E.B. (1991). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33-42.

Ponky Setiawan. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. Yogyakarta : Parasnu

Prayitno. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Prayitno. 1997. Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Buku III. Jakarta: Penebar Aksara.

Prayitno. 1996. Pengelolaan Bimbingan dan Konseling. Buku materi calon instruktur bimbingan dan Konseling Menengah Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2014. Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan, Jakarta : FIP UNP.

Sisdiknas. 2013. Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003. Yogyakarta : Media Abadi.

Suhertina. 2014. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Pekan Baru : CV. Mutiara Pesisir Sumatra.

Sulastri, Emriza. 2021. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa kelas IX8 SMP Negeri 3 Batang Hari. Journal Education of Batanghari, 3.1: 100-113.

Sukardi, Dewa ketut. 2003. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.