PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGANTISIPASI TERJADINYA PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 1 GALANG

Sri Ngayomi Yudha Wastuti, Meisyara Cordelia Bintara Putri

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Assertive Training. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Galang. Objek dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa yang tidak mampu bersikap asertif ketika mendapatkan perilaku bullying. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik proposive sampling (Random Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini di peroleh melalui emam kali proses pemberian layanan yang di berikan kepada responden, hasil akhir dari penelitian Penerapan Teknik Assertive Training Melalui Bimbingan Kelompok dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam Mengantisipasi Terjadinya Perilaku Bullying Pada Siswa SMP Negeri 1 Galang.

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar . 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Coloroso, B. (2006). Penindas, Tertindas, dan Penonton; Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka.

Musbikin, I. (2012). Mengatasi Anak Mogok Sekolah dan Malas Belajar. Jogjakarta: Laksana.

Olweus, D., & Limber, S. P. (2010). Bullying in school: evaluation and dissemination of the Olweus Bullying Prevention Program. American journal of Orthopsychiatry, 80(1), 124.

Rigby, K. (2007). Bullying in schools: And what to do about it. Aust Council for Ed Research.

Zufa, R. F., & Kushartati, S. (2021). Hubungan antara Loneliness dan Konformitas dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Sejiwa, T. (2008). Bullying: Panduan bagi orang tua dan guru mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. A. P., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Wiyani, N. A. (2012). Save our children from school bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 129.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.