PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMA NEGERI 2 TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Ayu Maharani Br Ginting, Candra Wijaya, Purbatua Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru BK dalam meningkatkan perilaku asertif siswa serta untuk mengetahui faktor yang menghambat guru BK dalam meningkatkan perilaku asertif.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Bimbingan Konseling, dan siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan perilaku asertif siswa di SMA Negeri 2 Torgamba. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini diketahui peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan perilaku asertif siswa di SMA Negeri 2 Torgamba yaitu, dengan memberikan layanan atau pemberian informasi mengenai asertif, dan melakukan pengawasan atau pemantauan kepada siswa dilapangan, memberikan dorongan dan semangat kepada siswa, juga mengarahkan siswa agar tetap ada dijalur untuk meningkatkan perilaku asertifnya. Faktor penghambatnya adalah, sulitnya keterbukaan siswa kepada guru BK, faktor waktu yang terbatas untuk melakukan konseling, juga karakter anak yang sering berubah-rubah saat proses konseling berlangsung.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1987). Metode Penelitian Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin Burhan. (2001). Metode Penelitian Sosial: Format-format Kualitatif dan Kuantitatif, Surabaya: Airlangga University Press

Lumongga, N. (2014). Memahami Dasar-dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Kencana.

Lusihana. (2020). “Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama (Bermain Peran) Di SMAN 1 Maliku”. Jurnal Inovasi BK, Vol. 2, No. 1

Muhaimin. (2002) Paradigma-paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pradoto A, dkk. (2021) “Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif Melalui Layanan Penguasaan Konten pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jurnal Ilmiah.

Sardiman, A.M. (1996) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyowati N. (2021). “Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMPN 1 Bataguh Melalui Bidang Bimbingan Kelompok Materi Psikologi Remaja” Edunomika Vol. 05, No. 02, 832.

Siampa. (2011). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Asertif Mahasiswa Etnis Toraja. Fakultas Psikologi. Universitas Kristen Satya Wacana: Salatiga.

Tarmizi. (2018). Bimbingan Konseling Islami. Medan: Perdana Publishing

Walgito, B. (1999). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar) Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.