HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN MARELAN

Afni Khoiriyah Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan siswa di SMP swasta Budi Agung Medan Marelan. Bagaimana motivasi siswa di Smp Swasta Budi Agung Medan Marelan. dan Bagaimana Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Swasta Budi Agung Medan Marelan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa smp swasta budi agung medan marelan tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 297 siswa. Dalam pengambilan sampel penelitian mengacu pada pendapat suharsimi ialah 15% dari populasi yang ada yaitu 45 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan metode angket (kuesioner) dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Dalam analisis instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan  yang kuat antara Kepercayaan diri dengan Motivasi belajar siswa, dimana harga rhitung> rtabel (0,668 > 0,220), dan pengaruh yang diberikan sebesar 44,5 %. Artinya untuk mengoptimalkan Motivasi belajar siswa ditentukan oleh faktor  Kepercayaan diri siswa.

Full Text:

PDF

References


Bactiar, A. (2020). Obat Minder. Yogyakarta: Araska. Dalyono. (2009). Motivasi Belajar. Pendidikan. 57.

Eka. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Program Ipa Cerme Gresik. Pendidikan Sejarah. 6 (3). 80.

Hamdan. (2009). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Smu N 1 Bekasi. Pendidikan. Bekasi.

Indra, K. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir. Pendidikan, 5 (1), 33.

Khairiah, mustika wati, Sri hartini, (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar. Pendidikan, 3 (3), 200.

Mohammad Syarif Sumantri, (2015), Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo, h. 378.

Nana Sudjana dan Ibrahim, (2007), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: CV Sinar Baru, h.77.

Nurmawati, (2014), Evaluasi Pendidikan Islam, Bandung: Cita Pustaka Media, h. 69.

Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Sleman: Deepublish.

Salim, (2018), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Cita Pustaka Media, h. 113

Sardiman, (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawalipers. Syafaruddin,dkk, (2013), Panduan Penulisan Skripsi, Medan: Kementerian Agama

RI Instutit Agama Islam Negeri Sumatera Utara, h. 19.

Sugiono, (2009), Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD, Bandung: Alfa Beta, h. 198.

Sugiyono, (2006), Metode Penelitian Administrasi, Bandung: CV Alfabeta, h. 142.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan Rnd; (cet 23). Alfabeta

Sugiyanto, (2017), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, h. 118

Suharsimi Arikunto, (2013), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, h. 115

Suharsimi Arikunto,(2006), prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, h. 130

Suharsimi Arikunto, Op. Cit., h. 151

Wulansari, (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Belajar Siswa Kls X Sma Kristen Satya Wacana Salatiga”. 10 (1), 73.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i1.3360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.