EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN

Nurhalimah Br Harahap

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Peneliti menggunakan desain dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kuesioner penyesuaian diri siswa digunakan untuk pengumpulan data. Dipilih 30 siswa dengan kemampuan  penyesuaian diri rendah dari dua kelompok, lima belas siswa kelompok eksperimen dan lima belas siswa kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Klomogrov-Smirnov. Hasil penelitian kemampuan penyesuaian diri siswa kelompok eksperimen meningkat signifikan 27,24%, sedangkan kelompok kontrol meningkat signifikan 21,45%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan penyesuaian diri siswa meningkat dengan adanya layanan konseling individual. Pemberian layanan ini dapat menunjukkan angka perubahan kemampuan penyesuaian diri siswa yang signifikan.


Full Text:

PDF

References


A, Hallen. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Pers.

Abdul, M Ghaffar dkk, 2004. Tafsir Ibnu Katsīr, Terj, Lubāb al-Tafsīr min Ibn Katsīr. Bogor:Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Agung Widhi dan Zarah. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku. Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

Aisyah, U., & Prameswarie, L. 2020. "Konseling Individual bagi Anak Korban Pemerkosaan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Tanggamus". Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 8(2), 133–144.

Ali, M., & M. A. 2015. Psikologi Remaja. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Al-Maraghi, Ahmad Mustafa. 2015. Tafsir Al-Maraghi. Lebanon: Dâr Al-Khotob Al-Ilmiyah.cet-3. jld. 1.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik).

Bandung: Pustaka Setia.

Ghufron, Nur dan Rini Risnawati. 2011. Teori-teori Psikologi. Jakarta: Ar-ruzz Media. Gunarsa, S., & Y. S. 2017. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Jakarta: LIBRI.

Hartinah, Sitti. 2008. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: PT Refika Aditama.

Haryati, A. 2020. "Online Counseling Sebagai Alternatif Strategi Konselor dalam Melaksanakan Pelayanan E-Counseling di Era Industri 4.0". Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 27–38.

Juntika Nurihsan, Ahmad. 2007. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT. Revika Aditama.

Kartono, Kartini. 2002. Psikologi Umum. Bandung: Sinar Baru Algies Indonesia.

Khaerunisa, R. N. 2020. "Komunikasi Terapeutik dalam Konseling".AdZikra:Jurnal Komunikasi & Penyiaran Islam, 11(1), 88–107.

Mahmud, H. 2012. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulia, L. O., V. E., & R. W. 2014. Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Tingkat Resiliensi Remaja di Panti Asuhan. JOM PSIK, 1.

Mustofa, I., & Mollah, Moch. K. 2019. "Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri". Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 143–166.

Prayitno dan Erma Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prayitno dan Erman Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2012. Wawasan Profesional Konseling. Padang : Universitas Negeri Padang.

Putri, L. I. 2017. "Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI". Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).

Rangkuti, Ahmad Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Penelitiam Kuantitif. Bandung: Citapustaka Media.

Sasmita, I. A., & R. I. 2015. "Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana". Jurnal Psikologi Udayana, 2.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahrum dan Salim. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Pers.

Ulfa, Maria. 2016. Tesis “Konsep Evaluasi Pendidikan Persfetif Al-Qur’am dan Implikasinya Terhadap Pendidikan (Pendekatan Tafsir Tematik)”. Surakarta: UMS Surakarta.

Willis, Sofyan S. 1981. Remaja dan Permasalahannya. Bandung: Alfabeta.

Willis, Sofyan S. 2007. Konseling Individual Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta.

Willis, Sofyan S. 2010. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: CV. Alfabeta.

Yusuf. Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zulfa, N. 2018. "Teknik Konseling Individual Berwawasan Gender". Muwazah: Jurnal Kajian Gender, 9(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/lokakarya.v3i1.3359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.