EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN

M Dimas Alfiansyah

Abstract


Layanan informasi sangatlah mudah dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam pelaksanaannya maka dari itu sudah seharusnya setiap guru BK bisa melaksanakan layanan tersebut dengan baik disekolahnya. Pelaksanaan layanan informasi juga berperan cukup penting dalam pengembangan kreativitas siswa yang bermanfaat baik itu pada saat masih duduk dibangku sekolah maupun saat tamat  dari sekolah nantinya. Tujuan idari ipenelitian iini iadalah iuntuk: i(1) Untuk mengetahui efektivitas layanan informasi yang dilakukan guru BK dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMK Mandiri Percut Sei Tuan. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan guru BK untuk mengembangkan Kreativitas siswa di SMK Mandiri Percut Sei Tuan.

Penelitian iyang idigunakan iadalah ipenelitian ikualitatif ideskriptif idengan imenggunakan imetode itriangulasi idengan iteknik ipengumpulan idata imelalui iobservasi, iwawancara idan idokumentasi. iTeknik ianalisis iyang idigunakan idalam ipenelitian iini iadalah imereduksi idata, ipenyajian idata, idan imemberi ikesimpulan. Setelah ipenelitian idilakukan idiperoleh ihasil ibahwa kreativitas siswa disekolah cukup baik, dapat dilihat bahwa antusias siswa untuk mencoba sesuatu yang baru serta mencari tahu sehingga menemukan hal baru baik itu dalam pemecahan masalah dalam belajar maupun dalam meningkatkan kemampuan yang sedang ditekuninya cukup baik. Sesuai dengan karakteristik siswa di SMK Swasta Mandiri yang berorientasi kepada siswa-siswa yang kreatif dan inovatif. keefektifan layanan informasi yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMK Swasta Mandiri dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan layanan informasi tersebut dan dengan diberikannya layanan informasi dapat mendorong siswa tersebut untuk mengembangkan kreativitas yang dimilikinya.


References


Hasanah, A., Ilyas, A., & Afdal, A. (2018). Kreativitas Siswa dan Upaya Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1). https://doi.org/10.21009/insight.071.01

Henni Safriana, & Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (1st ed.). LPPPI.

Ika Lestari, & Linda Zakiah. (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran. ERZATAMA KARYA ABADI.

Pradikta, B. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 1(2). https://doi.org/10.31960/konseling.v1i2.328

Sumarto. (2017). Bimbingan Dan Konseling. PUSTAKA MA’ARIF PRESS.

Usiono. (2017). POTRET RASULULLAH SEBAGAI PENDIDIK. Jurnal ANSIRU, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.