EKSISTENSI ILMU BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA SOSIETY 5.0

Gusman Lesmana, Dania Dania, Ayu Sri Ginanti

Abstract


Kajian ini menggunakan metode kajian pustaka, yaitu menganalisis dan menggambarkan ilmu bimbingan konseling. Dalam era Society 5.0, ilmu Bimbingan dan Konseling (BK) sangat penting. Society 5.0 adalah gagasan tentang menggabungkan teknologi digital dengan masyarakat manusia untuk meningkatkan kesejahteraan. Penerapan teknologi dan pemahaman tentang bagaimana teknologi memengaruhi masyarakat dan individu adalah bagian dari ilmu BK. BK dapat membantu orang mengatasi perubahan sosial yang disebabkan oleh teknologi, seperti perubahan dalam hubungan interpersonal, dampak media sosial pada kesehatan mental, dan kecanduan internet. BK juga dapat membantu orang mengembangkan keterampilan digital, mengatasi masalah etika terkait penggunaan teknologi, dan mempersiapkan mereka untuk karir di era teknologi baru.


Full Text:

PDF

References


Batubara, Y. A., Farhanah, J., Hasanahti, M., & Apriani, A. (2022). Konseling Bagi Peserta Didik. Medan: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKA BKI).

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. Salatiga: Jurnal Pendidikan dan Konseling Universitas Pahlawan.

Lesmana, G. (2021). Kapita Selekta Pelayanan Konseling. Medan: UMSU PRESS.

Mustika, H., Jamaris, & Solfema. (2022). Urgensi Filsafat Ilmu dalam Bimbingan Konseling Di Era Digital. Ambon: Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Universitas Pattimura.

Nursalim, M. (2020). PERAN GURU BK/ KONSELOR. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling , 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

  

 

Creative Commons License


Lokakarya by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/lokakarya/.